Berbahayakan Puasa Seks (Sex Detox)?

Berbahayakan Puasa Seks (Sex Detox)?

SehatFresh.com – Seiring bertambahnya usia pernikahan, Anda akan berada pada titik jenuh di mana seks terasa tidak menarik lagi untuk dilakukan. Hal ini bisa terjadi berbagai faktor. Kesetiaan merupakan kunci keharmonisan dan kekuatan dalam rumah tangga. Namun, berhubungan intim dengan orang yang sama selama bertahun-tahun lamanya secara psikologis dapat menimbulkan kebosanan dan kejenuhan. Ketika seks dianggap sebagai rutinitas semata, Anda atau pasangan mungkin berpura-pura menikmati seks dan orgasme palsu. Keintiman dengan pasangan pun tidak semesra dulu. Bila sudah sepertu itu, kenapa tidak Anda dan pasangan mencoba untuk melakukan sex detox sebagai suatu langkah untuk menghidupkan kembali gairah seks yang dirasa mulai meredup.

Sex detox dapat diartikan sebagai puasa seks. 30 hari dianggap sebagai durasi yang ideal untuk melakukan sex detox. Selama periode tersebut, Anda harus menahan dorongan untuk berhubungan intim dan mengalihkan dorongan tersebut dengan melakukan kegiatan positif seperti membaca buku, melakukan cek kesehatan, hingga belajar menjalin keintiman dengan pasangan di luar kontak seksual secara fisik.

Pada kenyataannya, menahan gairah seks selama sebulan lamanya memang tidak akan berjalan mudah. Selain itu, ada pula anggapan bahwa sex detox ini bisa membahayakan. Seks telah telah terbukti bermanfaat bagi tubuh dan pikiran serta telah dianggap sebagai suatu cara berbagi kebahagiaan. Oleh karenanya, ketika seks tidak dilakukan untuk waktu yang relatif lama, maka dikhawatirkan timbul perasaan negatif diri pasangan, seperti rasa bersalah ataupun kekecewaan. Namun, penting untuk diingat bahwa seks yang sehat dan berkualitas itu adalah ketika masing-masing pihak merasa bahagia. Posisi bercinta seheboh apa pun tidak akan berarti bila salah satu atau bahkan kedua pihak melakukannya sebagai beban atau tekanan.

Terkadang, Anda perlu melupakan seks sejenak agar bisa memperoleh pemahaman yang lebih luas mengenai seperti apa sebenarnya kehidupan seksual Anda selama ini dan bagaimana hal itu berdampak pada aspek kehidupan lainnya. Selain itu, tujuan orgasme juga sesekali perlu dikesampingkan. Dalam hal ini, sex detox dapat dijadikan momen evaluasi diri sehingga Anda dan pasangan memahami bahwa seks itu bukan hanya menerima kenikmatan, melainkan memberi kepuasan satu sama lain. Bila pemahaman tersebut telah ada, Anda dan pasangan akan lebih bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Istilah sex detox diperkenalkan sebagai suatu metode atau solusi. Terkait ini, sex detox disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Tidak serta merta, setiap pasangan yang kehidupan seksualnya sudah terasa hambar harus melakukan sex detox. Ini karena sex detox idealnya dilakukan bersama dengan pasangan. Pasalnya, akan sulit dan berat juga bila detoks hanya diinginkan satu pihak saja. Dengan demikian, Anda dan pasangan harus memiliki niat dan komitmen yang kuat bila berkeinginan mencoba sex detox. Sebelum memulai, ada baiknya juga mendiskusikannya dengan ahli seks profesional sehingga Anda dapat mengetahui manfaat dan risikonya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY