Berhubungan Intim Pakai Kondom Bisa Bikin Miss V Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penggunaan kondom telah dikenal luas. Hal ini tak terlepas dari fungsi kondom itu sendiri. Pemakaian kondom saat berhubungan seks tidak hanya membantu Anda dan pasangan tercegah dari berbagai penyakit dan infeksi, tapi juga memberikan beberapa kelebihan lainnya. Salah satunya terhadap kesehatan Miss V.

“Apakah kondom dapat meningkatkan kesehatan vagina?” Pertanyaan ini menjadi dasar sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok mengenai hubungan penggunaan kondom dan adanya bakteri ‘baik’ di vagina. Pada vagina yang sehat terdapat jumlah bakteri ‘baik’ dan ‘jahat’ dalam porsi seimbang. Ketidakseimbangan jumlah bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi umum yang disebut vaginosis bakterialis (VB). Gejala umum VB adalah adanya keputihan yang berbau amis.

Penelitian yang dilakukan oleh Liyan Ma dan kawan-kawan ini melibatkan 164 wanita sehat yang berusia antara 18–45 tahun pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Mereka menemukan, wanita yang menggunakan kondom memiliki kadar bakteri lactobacilli yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (intrauterine device/ IUD) atau spiral. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan kondom dapat mencegah VB. Bakteri lactobacilli sendiri sangat penting karena mereka merupakan bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi ragi, VB, atau Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Dalam penelitian yang sama juga terungkap fakta bahwa kondom membantu agar air mani yang dikeluarkan pria tak mempengaruhi kadar pH seimbang vagina. Inilah yang menyebabkan bakteri ‘baik’ terus tumbuh.

Sebaliknya, pertumbuhan bakteri ‘jahat’ di vagina bisa  berdampak serius. Penyakit radang panggul yang berimplikasi terhadap lebih sulitnya terjadinya kehamilan adalah salah satu contohnya.

Selain itu, memakai kondom dalam hubungan seksual juga menghindarkan Anda dan pasangan dari permasalahan yang lebih serius, seperti penyakit menular seksual dan HIV. Tak hanya itu, memakai kondom ketika bercinta juga dapat mengencangkan otot vagina dan membuat aroma vagina lebih wangi.

Tapi, Anda harus cermat sebelum memutuskan memakai kondom. Jangan hanya memilih kondom berdasarkan kepuasan suami. Proses bercinta bertujuan menciptakan kenikmatan dan kepuasan kedua pasangan. Oleh karena itu, pilihlah kondom yang juga memberikan manfaat kesehatan dan kepuasan untuk pasangan Anda.

Anda, misalnya, bisa mempelajari terlebih dahulu berbagai informasi suatu merek kondom. Cari tahu bahan dasar pembuatan kondom tersebut. Apakah kondom tersebut dilengkapi dengan material tambahan, seperti ‘pelumas’? Apa lagi kelebihan yang ditawarkan oleh kondom itu? Tak kalah penting adalah tentang standar keamanannya. Apakah kondom itu telah lulus uji elektronis dan mendapat Standar Mutu Internasional (ISO) tertentu?

Intinya, faktor kesehatan dan kepuasan memiliki keterkaitan dalam penggunaan kondom. Kedua faktor ini sebaiknya tidak diabaikan oleh pasangan sebelum memilih kondom untuk bercinta. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here