Berkenalan Dengan Aterosklerosis

SehatFresh.com – Aterosklerosis adalah pengerasan serta penyempitan pembuluh darah yang berkembang secara diam dan perlahan menyumbat arteri sehingga dapat mengganggu aliran darah. Para peneliti tidak yakin bagaimana atau mengapa penyakit ini bisa terjadi. Namun, diyakini bahwa plak mulai membangun di arteri setelah lapisan menjadi rusak. Penyebab paling umum untuk kerusakan ini adalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan merokok.

Kolesterol tinggi membuat kolesterol yang dibawa oleh darah mengendap pada dinding pembuluh darah. Semakin lama, endapan tersebut mengeras dan mempersempit saluran pembuluh darah. Arteri membawa darah beroksigen ke organ vital seperti jantung, otak, dan ginjal. Jika jalurnya tersumbat, bagian-bagian tubuh menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Terdapat beberapa penyakit yang berhubungan dengan aterosklerosis, yaitu :

  • Penyakit jantung, ketika plak menumpuk di arteri koroner (pembuluh darah besar yang membawa darah ke jantung). Ini meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung.
  • Penyakit arteri karotis, ketika plak menumpuk dipembuluh besar di kedua sisi leher (arteri karotis) yang membawa darah ke otak. Ini meningkatkan risiko stroke.
  • Penyakit arteri perifer, ketika plak menumpuk diarteri besar yang membawa darah kelengan dan kaki. Ini menyebabkan nyeri, mati rasa, dan bahkan infeksi serius.
  • Penyakit ginjal, ketika plak menumpuk diarteri besar yang membawa darah keginjal. Ketika ginjal tidak bisa menyaring darah dengan baik, ini bisa menyebabkan komplikasi serius.

Karena kadar kolesterol tinggi diduga sebagai penyebab utama aterosklerosis, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah jika Anda kelebihan berat badan, mempunyai tekanan darah tinggi dan mengidap diabetes. Pemeriksaan kadar kolesterol juga dianjurkan jika seseorang memiliki riwayat keluarga menderita penyakit akibat kolesterol, atau keluarga dekat yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular di usia muda.

Untuk mencegah aterosklerosis, konsumsi sehat, berhenti merokok, dan olahraga adalah senjata ampuh dalam melawan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Aktivitas fisik membantu menurunkan berat badan, menjaga tekanan darah normal, dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL, high-density lipoprotein). Lakukanlah latihan kardio moderat 30 hingga 60 menit sehari agar sirkulasi darah tetap terjaga.

Menjaga berat badan pada tingkat yang sehat dengan makan lebih banyak serat (makan banyak buah-buahan dan sayuran) serta lemak sehat (minyak zaitun, alpukat dan kacang-kacangan) dapat menjaga kadar kolesterol jahat (LDL, low-density lipoprotein) tetap di bawah kontrol. Batasi juga asupan kolesterol dengan mengurangi jumlah makanan tinggi lemak jenuh dalam makanan olahan. Asupan natrium juga perlu benar-benar dibatasi guna menghindari tekanan darah tinggi.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY