Biasakan BAK Sebelum dan Setelah Bercinta

SehatFresh.com – Di awal-awal masa pernikahan, Anda dan pasangan mungkin sedang berada pada puncak gairah seksual yang tinggi-tingginya. Para ahli mengatakan bahwa para pengantin baru lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih. Terlepas dari manfaat rutinnya berhubungan intim atau hebatnya kenikmatan yang diraih setelah berhubungan badan, para ahli menyarankan agar sebelum dan setelah melakukan hubungan intim sebaiknya segera buang air kecil. Hal ini disarankan terutama bagi para wanita yang baru pertama kali atau sudah lama tidak berhubungan seksual guna mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Ketika melakukan hubungan seks, ada kemungkinan bakteri masuk ke dalam uretra. Bakteri atau kuman sangat mudah masuk ke saluran kemih dan berpotensi menimbulkan infeksi. Infeksi ini seringkali sulit dicegah. Dengan membiasakan berkemih atau pipis sebelum dan setelah berhubungan intim, bisa meminimalisir risiko seseorang terkena infeksi saluran kemih.

Buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks dapat membantu mengeluarkan bakteri yang mungkin masuk ke uretra selama berhubungan seks. Infeksi saluran kemih bisa terjadi pada saluran ginjal ureter, saluran kencing bagian luar atau kandung kemih. Wanita lebih rentan terkena infeksi ini daripada laki-laki. Hal ini dikarenakan saluran kemih wanita lebih pendek sehingga bakteri atau mikroorganisme yang menjadi penyebab infeksi lebih mudah masuk.

Orang yang terkena infeksi saluran kemih biasanya mengeluhkan sakit ketika ketika buang air kecil, warna urin yang pekat atau kadang disertai darah, nyeri pada pinggang dan kadang disertai dengan demam. Salah satu cara yang tepat mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan membiasakan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup, karena air dapat membantu membilas dan menjaga sistem kemih untuk mengeluarkan bakteri yang masuk yang nantinya dikeluarkan melalui urin.

Kurangnya asupan cairan bisa menyulitkan pembersihan bakteri sehingga risiko infeksi saluran kemih menjadi semakin tinggi. Infeksi saluran kemih ini bisa disebabkan oleh bakteri E.coli dan chlamidia. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk minum segelas air sebelum melakukan hubungan seks agar bisa mengisi kandung kemih dan mempermudah pembersihan bakteri yang mungkin masuk selama Anda dan pasangan berhubungan seks.

*Sumber gambar : www.vemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY