Bibir sumbing

Bibir sumbing adalah bukaan pada atap mulut (langit-langit mulut) atau dalam jaringan lunak di bagian belakang mulut (langit-langit lunak). Bibir sumbing disebabkan oleh pengembangan struktur wajah pada bayi yang belum lahir tidak menutup dengan sempurna. Bibir sumbing merupakan cacat lahir yang paling umum sebagai cacat lahir terisolasi tetapi juga terkait dengan banyak kondisi genetik yang diwariskan atau sindrom.

Memiliki bayi lahir dengan sumbing merupakan hal yang menyedihkan, tetapi hal tersebut masih bisa diperbaiki. Pada kebanyakan bayi, serangkaian operasi dapat mengembalikan fungsi normal dan mencapai penampilan yang lebih normal dengan jaringan parut minimal.

Gejala

Bibir sumbing biasanya dapat teridentifikasi segera setelah kelahiran. Bibir sumbing mungkin tampak seperti:

  • Perpecahandibibirdanlangit-langitmulutyang dapat mempengaruhisatu ataukedua sisiwajah.
  • Perpecahan di dalambibiryangdapatmuncul sebagaitakik kecildibibirataudapat meluasdaribibirmelaluigusi atasdan langit-langitke bagian bawahhidung.
  • Perpecahan di dalamatapmulut(langit-langit) yang tidakmempengaruhi tampilanwajah.

Pada kasus yang jarang, sumbing dapat terjadi hanya pada otot langit-langit lunak (sumbing submukosa) yang berada di belakang mulut dan ditutupi oleh lapisan mulut. Jenis sumbing ini sering terjadi tanpa disadari saat lahir dan tidak dapat didiagnosis sampai tanda-tanda berkembang. Tanda dan gejala langit-langit submukosa antara lain kesulitan menelan, berbicara dengan suara hidung dan infeksi telinga berulang.

Kapan harus ke dokter?

Bibir sumbing biasanya terlihat pada saat lahir dan dokter bisa memulai koordinasi perawatan pada waktu itu juga. Jika bayi Anda memiliki tanda dan gejala bibir sumbing submukosa seperti kesulitan dengan menyusui, segera bawa anak Anda ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Penyebab

Bibir sumbing terjadi ketika jaringan di wajah dan mulut bayi tidak membentuk dengan benar. Biasanya, jaringan yang membentuk bibir dan langit-langit menyatu bersama di bulan kedua dan ketiga kehamilan. Tapi pada bayi dengan bibir sumbing, penyatuan tidak pernah terjadi atau hanya terjadi sebagian sehingga menyebabkan pembukaan (sumbing). Para peneliti meyakini bahwa sebagian besar kasus bibir sumbing disebabkan oleh interaksi faktor genetik dan lingkungan. Pada banyak bayi, penyebab pasti tidak ditemukan.

  • Gen yang diwariskandariorang tua: Baik ibu atau ayah bisamewariskan genyang menyebabkan sumbing baik sebagai cacatterisolasiatau sebagai bagiandarisindromyang mencakupsebagai salah satutanda-tandanya. Padabeberapa kasus, bayimewarisigenyang membuat merekalebih mungkin untuk mengembangkansumbing dan kemudian memiculingkunganbenar-benar menyebabkansumbing
  • Paparanzat tertentuselama kehamilan: Bibirsumbinglebih mungkin terjadipada wanitahamilyang merokok, minum alkoholdan menggunakan obat-obatan tertentu.

Faktor risiko

  • Riwayat keluarga: Orang tuadenganriwayat keluargabibir sumbing berisiko lebih tinggimelahirkan bayi dengan bibir sumbing.
  • Gender: Priadua kali lebih mungkinuntukmemilikibibir sumbingdengan atau tanpacelah pada langit mulut. Bibir sumbing tanpa celah pada langit mulut lebih sering terjadipada wanita.
  • Paparanzat tertentuselama kehamilan: Bayiyang lahir dari ibuyang merokokatauminumalkoholselama kehamilanlebih mungkinuntuk mengembangkanbibir sumbingdancelah pada langit mulut.
  • Obesitas selama kehamilan: Ada beberapa buktibahwa bayiyang lahir dari ibuobesitasmungkin telah meningkatkanrisikobibir sumbingdan celah pada langit mulut.

Komplikasi

Anak yang lahir dengan kondisi bibir sumbing dengan atau tanpa celah pada langit mulut menghadapi berbagai tantangan, tergantung pada jenis dan keparahan sumbing.

  • Sulit disusui: Salah satu masalahyang palingmendesaksetelahkelahiran adalah menyusui. Sebagian besarbayidenganbibir sumbingdapatmenyusui. Celah pada langit mulut dapat membuat bayi susah untuk disusui sehingga bayi menjadi tersedak atau ASI keluar melalui hidung. Dokter biasanya menyarankan penggunaan botol dengan putingkhusus.
  • Infeksi telingadangangguan pendengaran: Bayidengancelah langit-langitmulut sangat rentan terhadapinfeksitelinga tengah. Seiring waktu, infeksi telingaberulangmeningkatkan risikogangguan pendengaran. Dokter mungkinmerujuk Anda keseorang ahli audiologi atautelinga, hidung dantenggorokan. Dokter juga mungkin menyarankankunjungan rutinuntuk mengevaluasipendengarananak Anda.
  • Masalah gigi: Jikasumbingmeluas hingga gusi atas, perkembangan gigikemungkinan akanterpengaruh. Anda mungkin harus bekerja sama dengan dokter gigi untuk memantauperkembangan gigidankesehatan mulut anak sejak dini.
  • Kesulitan berbicara: Karena langit-langit mulut digunakan dalam pembentukan suara, perkembangan bicarayang normaldapat dipengaruhioleh adanya celah pada langit mulut. Dokter mungkinmerujuk Anda keahli patologibicara untuk mengevaluasianak Andadan memberikanterapi wicara.
  • Tantanganmenghadapikondisi medis: Anak-anak dengan sumbing mungkin menghadapimasalah sosial, emosional danperilakukarena perbedaandalam penampilan dan tekanan akibat perawatan medisintensif. Seorang psikologdanpekerja sosialdapat membantu Andadan anak Andamenemukan carauntuk mengatasitekanan saat bertemu orang lain.

Tes dan diagnosa

Sebagian besar kasus bibir sumbing dan celah pada langit mulut dapat teridentifikasi segera pada saat lahir dan tidak memerlukan tes khusus untuk diagnosis.

USG untuk mendiagnosa sumbing sebelum kelahiran

Bibir sumbing dan celah pada langit mulut dapat didiagnosis dengan USG sebelum bayi lahir. USG adalah tes yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar dari janin yang sedang berkembang. Pada saat menganalisis gambar, dokter dapat mendeteksi kelainan pada struktur wajah. Bibir sumbing dapat dideteksi dengan USG awal sekitar minggu ke-18 kehamilan. Semakin janin berkembang, semakin mudah untuk mendiagnosa bibir sumbing secara akurat. Sumbing yang terjadi dengan sendirinya lebih sulit untuk didiagnosa dengan USG, karena mungkin sulit untuk melihat ke dalam mulut janin.

Jika USG janin menunjukkan sumbing, dokter mungkin menawarkan prosedur untuk mengambil sampel cairan ketuban dari rahim (amniosentesis). Menganalisis cairan dapat mengungkapkan kelainan yang menunjukkan janin mewarisi sindrom genetik yang dapat menyebabkan cacat lahir lainnya.

Perawatan dan pengobatan

Tujuan pengobatan bibir sumbing dan celah pada langit mulut memastikan kemampuan anak untuk makan, berbicara, mendengar dan bernapas serta mencapai penampilan wajah normal. Pengobatan melibatkan operasi untuk memperbaiki cacat dan terapi untuk memperbaiki kondisi terkait.

Operasi

Operasi untuk memperbaiki bibir sumbing dan celah pada langit mulut didasarkan pada situasi tertentu anak Anda. Setelah perbaikan sumbing awal, dokter mungkin dapat merekomendasikan operasi tindak lanjut untuk meningkatkan kemampuan bicara atau memperbaiki penampilan dari bibir dan hidung. Operasi biasanya dilakukan dalam urutan ini:

  • Perbaikan bibir sumbing, antara usia 1 dan 4 bulan.
  • Perbaikan celah pada langit, antara usia 5 dan 15 bulan.
  • Operasi tindak lanjut, antarausia2danakhir tahunremaja

Operasi bibir sumbing dan celah pada langit mulut berlangsung di rumah sakit. Anak Anda akan menerima anestesi, sehingga ia tidak akan merasa sakit atau akan terjaga selama operasi. Banyak teknik bedah dan prosedur berbeda yang digunakan untuk memperbaiki bibir sumbing, merekonstruksi area sumbing dan mencegah atau mengobati komplikasi terkait. Secara umum, prosedur dapat mencakup:

  • Perbaikan bibir sumbing: Untukmenutuppemisahandibibir, ahli bedah membuatsayatandi kedua sisicelahdan menciptakanpenutupjaringan. Tutupan tersebut kemudiandijahitbersama-sama agar penampilanbibir, struktur dan fungsi menjadi lebih normal.
  • Perbaikan celah pada langit mulut: Berbagaiprosedurdapat digunakan untukmenutuppemisahandan membangun kembali atap mulut, tergantung pada situasi tertentuanak Anda. Dokter bedahmembuatsayatandi kedua sisisumbingdanmereposisijaringandan otot. Perbaikantersebut kemudiandijahittertutup.
  • Operasi selang telinga: Untuk anak-anak dengan celah pada atap mulut, selang telinga juga dapat ditempatkan pada operasi pertama untuk mengurangi risiko infeksi telinga yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Operasi selang telinga melibatkan menempatkan silinder kecil di gendang telinga untuk mencegah penumpukan cairan.
  • Operasiuntuk memperbaiki penampilankecantikan: Operasi tambahanmungkin diperlukan untukmemperbaiki penampilanmulut, bibirdan hidung.

Operasi dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam penampilan anak, kualitas hidup dan kemampuan untuk makan, bernapas dan berbicara. Risiko yang mungkin dari operasi adalah pendarahan, infeksi, kerutan bekas luka, dan kerusakan sementara atau permanen pada saraf, pembuluh darah atau struktur lainnya.

Pengobatan untuk komplikasi bibir sumbing dan celah pada langit mulut

Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan tambahan untuk komplikasi yang disebabkan oleh bibir sumbing dan celah pada langit mulut. Pengobatan tambahan mungkin termasuk:

  • Alat bantu dengarataualat bantu lainnyauntukanak dengangangguan pendengaran.
  • Terapi wicarauntuk memperbaikikesulitan
  • Terapidenganpsikologuntuk membantuanakmengatasi tekananprosedur medisberulang.

Penanganan dan dukungan

Anda dapat memberi dukungan pada anak Anda dengan berbagai cara:

  • Fokus padaanak Andasebagai pribadi, bukan pada kondisi sumbing yang ia alami.
  • Jelaskanatribut positifpada orang lainyang tidak melibatkanpenampilan fisik.
  • Membantu anakAndamendapatkan kepercayaandengan membiarkandia untukmembuat keputusan.
  • Mendorongbahasa tubuh yangpercaya diri seperti tersenyum.
  • Menjaga jalurkomunikasi terbuka. Jikamasalahejekanatauharga dirimunculdi sekolah, pastikananak Andamerasa amanberbicaradenganAnda tentang hal itu.

Pencegahan

Setelah bayi lahir dengan sumbing, orang tua kemungkinan menjadi khawatir akan kemungkinan memiliki anak lain dengan kondisi yang sama. Karena banyak kasus bibir sumbing dan celah pada langit mulut tidak dapat dicegah, maka pertimbangkanlah langkah-langkah untuk meningkatkan pemahaman Anda atau menurunkan risiko Anda:

  • Mempertimbangkankonseling genetik.: Jika Anda memilikiriwayat keluargabibir sumbing, beritahu dokter Anda sebelum Andahamil. Doktermungkin akan mengarahkan Andakeseorang konselor genetikyangdapat membantu menentukanrisikomemiliki anakdenganbibir sumbing.
  • Mengkonsumsi vitaminprenatal: Mengkonsumsi multivitaminsebelumhamildanselama kehamilandapat membantumengurangi risikocacat lahir seperti bibir sumbing dan celah pada langit mulut. JikaAnda berencanauntuk hamilsegera, mulailah mengkonsumsi vitamin prenatal dari sekarang.
  • Jangan menggunakantembakauatau alkohol: Penggunaanalkoholatau tembakauselama kehamilanmeningkatkan risikomemiliki bayidengancacatsumbing.