Biji Mahoni Obat Diabetes yang Tidak Banyak Orang Tahu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pohon mahoni seringkali dijadikan pohon penyejuk jalan karena daunnya yang rindang. Buah mahoni (sky fruit) yang berjatuhan di pinggir jalan seringkali dibiarkan karena rasanya memang pahit. Tapi, dibalik rasa pahitnya itu, buah mahoni ternyata dapat membantu pengobatan berbagai penyakit serius. Salah satunya diabetes. Manfaat untuk diabetes ini berasal dari kandungan dari biji mahoni. Terdapat setidaknya tiga kandungan potensial dalam biji mahoni yang bermanfaat baik bagi penderita diabetes, yaitu flavonoid, saponin, dan alkaloid.

  • Flavonoid. Flavonoid adalah senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga efektif untuk memerangi berbagai penyakit yang disebabkan oksidasi secara langsung maupun tidak langsung oleh oksidasi, seperti penumpukan kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan masalah jantung, yang berkaitan dengan diabetes. Sejumlah penelitian pun melaporkan bahwa bahan makanan yang mengandung flavonoid dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan membantu menstabilkan kadar gula darah pada pasien diabetes.
  • Saponin. Saponin telah diteliti memiliki sifat hipoglikemik sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Bahkan, efek hipoglikemik dari saponin diyakini lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, seperti metformin. Teori lain mengatakan bahwa saponin juga dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi yang kerap dialami kebanyakan pria yang menderita diabetes.
  • Alkaloid. Kandungan alkaloid dalam biji mahoni dapat mengembalikan keseimbangan asam basa tubuh. Kondisi tubuh tanpa disadari bisa menjadi terlalu asam karena tercemar berbagai racun, baik itu dari makanan maupun polusi lingkungan. Jika terjadi demikian, tubuh jadi rentan terkenda penyakit. Dalam hal ini, alkaloid membantu memaksimalkan detoksifikasi tubuh serta mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan sistem tubuh. Dalam peranannya mengobati diabetes, alkaloid membantu regulasi gula darah dan mengoptimalkan pembuangan hasil metabolisme dari sel tubuh.

Suplemen herbal berupa serbuk biji mahoni siap seduh saat ini mudah dijumpai di pasaran. Jika hendak membuat ramuan sendiri, Anda bisa membeli biji mahoni di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Biji mahoni dikeringkan lalu dihaluskan hingga menjadi serbuk untuk diseduh. Meski kandungannya potensial, mengonsumsi biji mahoni sebagai obat diabetes juga tak bisa sembarangan. Dapat timbul efek samping jika bahan makanan yang mengandung flavonoid dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karenanya, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti interaksi obat, yang justru akan memperparah kondisi. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here