Bintik tua (age spots)

Bintik atau disebut juga dengan istilah lentigo solaris merupakan bintik datar berwarna hitam atau coklat yang muncul pada wajah, tangan, bahu dan lengan (daerah yang paling sering terkena matahari). Bintik tua merupakan kondisi yang umum terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Namun, orang yang lebih muda juga dapat mengalami hal ini terutama mereka yang sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Meskipun bintik tua dapat terlihat seperti pertumbuhan kanker, bintik usia yang sebenarnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Untuk alasan kosmetik, bintik tua dapat dikurangi dengan produk pemutih kulit. Menghindari paparan matahari dan menggunakan tabir surya merupakan cara termudah untuk mempertahankan penampilan muda kulit Anda.

Gejala
Bintik usia biasanya berkembang pada orang dengan kulit yang putih, tetapi mungkin juga terlihat pada orang yang memiliki kulit lebih gelap.
• Bintik tua merupakan bintik datar dengan peningkatan pigmentasi area oval.
• Bintik tua biasanya berwarna kecokelatan, cokelat atau hitam.
• Bintik tua biasanya muncul pada kulit yang paling sering terpapar sinar matahari selama bertahun-tahun seperti punggung tangan, bagian atas kaki, wajah, bahu dan punggung bagian atas.
• Bintik tua memiliki ukuran lebih dari 1/2 inci (13 milimeter) dan biasanya muncul secara berkelompok.

Kapan harus ke dokter?
Bintik tua biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan medis. Namun, dokter harus mengevaluasi titik-titik yang gelap atau yang telah berubah tampilan, karena perubahan ini bisa menjadi tanda melanoma (kanker kulit yang serius). Dokter umumnya mengevaluasi semua perubahan pada kulit terutama jika bintik-bintik:
• Berpigmen gelap
• Ukuran meningkat dengan pesat
• Batas yang tidak teratur
• Adanya kombinasi warna yang tidak biasa
• Disertai dengan gatal, kemerahan, nyeri atau perdarahan

Penyebab
Penyebab utama bintik usia adalah paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) selama bertahun-tahun. Penggunaan lampu tanning komersil dan tanning bed juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan bintik-bintik tua.

Sinar UV mempercepat produksi melanin untuk menciptakan pigmen coklat yang membantu melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari sinar UV. Pada area yang sering terpapar sinar matahari berkepanjangan, bintik tua muncul ketika melanin menjadi “mengelompok” atau dihasilkan dalam konsentrasi yang sangat tinggi.

Faktor risiko
Meskipun setiap orang dapat mengembangkan bintik tua, Anda mungkin lebih berisiko mengembangkan bintik tua jika Anda memiliki kulit yang putih serta sering terkena paparan sinar matahari yang intens.

Tes dan diagnosa
Diagnosis bintik tua meliputi:
• Inspeksi visual: Dokter biasanya mendiagnosis bintik tua dengan menginspeksi kulit secara visual.
• Biopsi kulit: Jika ada keraguan apakah bintik yang muncul merupakan bintik tua atau bukan, dokter mungkin akan melakukan tes lain seperti biopsi. Dokter akan mengambil sedikit sampel kulit untuk analisis mikroskopis. Sebelum biopsi, Anda biasanya akan diberi anestesi lokal.
Kondisi lain yang mirip dengan bintik tua:
• Tahi lalat: Tahi lalat merupakan tumor jinak pada kulit yang paling umum dijumpai pada manusia. Tumor ini berwarna gelap, besarnya menetap, meski ada juga yang terus membesar.
• Keratosis seboroik: Pertumbuhan bintik cokelat atau hitam seperti kutil.
• Lentigo maligna: Jenis kanker kulit yang dikenal sebagai lentigo maligna melanoma dapat berkembang di daerah yang sering terkena paparan matahari jangka panjang. Lentigo maligna dimulai dengan lesi coklat atau hitam yang perlahan menghitam dan membesar. Bintik-bintik cenderung memiliki perbatasan yang tidak teratur dan warna yang rata. Bintik yang menandakan lentigo maligna biasanya sedikit mengangkat.

Perawatan dan pengobatan
Pengobatan bintik tua biasanya dimaksudkan untuk mencerahkan atau menghilangkan bintik-bintik tersebut. Karena pigmen terletak di dasar epidermis, semua perawatan yang bertujuan untuk mencerahkan area bintik-bintik harus menembus lapisan kulit tersebut.

Pengobatan bintik tua meliputi:
• Obat-obatan: Resep krim bleaching (hydroquinone), retinoid (tretinoin) dan steroid ringan mungkin secara bertahap memudarkan area bintik tua Penggunaan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30 sangat disarankan jika Anda menggunakan pengobatan obat. Pengobatan dapat mengakibatkan rasa gatal, kemerahan, terbakar atau kekeringan yang bersifat sementara.
• Laser dan terapi cahaya: Laser dan terapi cahaya dapat menghancurkan sel yang memproduksi melanin (melanosit) tanpa merusak permukaan kulit. Pengobatan dengan laser atau terapi cahaya biasanya membutuhkan beberapa sesi. Setelah pengobatan, bintik-bintik tua akan memudar secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan. Terapi laser memiliki beberapa efek samping, tetapi dapat menyebabkan sedikit perubahan warna kulit. Perlindungan matahari juga diperlukan setelah Anda mendapatkan perawatan laser atau terapi cahaya.
• Pembekuan (cryotherapy): Prosedur ini melibatkan penerapan nitrogen cair atau zat beku lain pada area bintik tua untuk menghancurkan pigmen tambahan. Pembekuan biasanya digunakan pada satu titik tunggal atau sekelompok bintik tua yang berukuran kecil. Pengobatan ini dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan sedikit risiko jaringan parut permanen atau perubahan warna.
• Dermabrasi: Prosedur ini dilakukan dengan cara pengamplasan lapisan permukaan kulit dengan sikat yang berputar cepat untuk menghilangkan permukaan kulit agar lapisan kulit baru dapat tumbuh. Efek samping dari prosedur ini adalah pembentukan kudis dan kulit menjadi memerah sementara.
• Chemical peel: Chemical peel melibatkan penggunaan asam yang membakar lapisan luar kulit yang terkait bintik tua. Beberapa pengobatan mungkin diperlukan sebelum Anda melihat hasil apapun. Perlindungan matahari sangat disarankan setelah pengobatan ini. Prosedur ini dapat mengakibatkan iritasi sementara dan dan sedikit risiko perubahan warna.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah
Banyak krim dan lotion pemudar yang dapat membantu mencerahkan area bintik tua tergantu seberapa gelap warna bintik dan seberapa sering Anda memakai krim. Penggunaan teratur selama beberapa minggu atau bulan mungkin diperlukan untuk menghasilkan hasil yang nyata. Jika Anda memilih untuk menggunakan krim tanpa resep dokter, pilihlh krim yang mengandung hydroquinone, asam glikolat atau asam kojic. Perlu diingat bahwa beberapa produk yang mengandung hydroquinone, dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pencegahan
• Hindari paparan matahari dari pukul 10.00 sampai 15.00 dimana cahaya matahari sangat intens.
• Gunakan tabir surya yang memberikan perlindungan dari UVA dan UVB 15 atau 30 menit sebelum keluar rumah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan kembali setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.
• Gunakan pakaian tertutup jika Anda keluar rumah.