Bisa Hamilkah Wanita yang Mengidap Penyakit Kanker Servik?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker serviks merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) yang terjadi dibagian leher rahim. Kondisi ini salah satu penyakit menular yang ditularkan melalui hubungan seksual. Dari kasus kanker yang terjadi di Indonesia sekitar sepertiganya yaitu penderita kanker serviks.

Kondisi ini dapat menyerang wanita tidak hamil dan wanita hamil. Di Dunia penyakit ini merupakan jenis penyakit pembunuh ketiga pada wanita yang penderitanya tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Setiap wanita mendengar penyakit kanker serviks pasti merasa khawatir akan dampak buruk yang akan dialami oleh wanita tersebut.

Banyak isu yang menyatakan bahwa kanker serviks dapat mempersulit seorang wanita untuk memperoleh keturunan atau dalam istilah lain disebut infertilisasi (mandul). Benarkah pernyataan tersebut?

Meskipun penyakit kanker serviks menyerang organ reproduksi akan tetapi penyakit tersebut ternyata tidak menghilangkan kesempatan seorang wanita untuk hamil dan memiliki keturunan. Virus HPV penyebab kanker serviks tidak secara langsung berpengaruh pada kesuburan meskipun ada penelitian yang menyatakan bahwa pasien yang terinfeksi virus HPV memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga mengakibatkan kesulitan embrio untuk berkembang.

Meskipun demikian, jenis pengobatanlah yang menyebabkan penurunan tingkat kesuburan. Pada kondisi kanker serviks stadium awal dengan pengobatannya, kehamilan masih tetap dapat diusahakan. Akan tetapi anda harus memahami bahwa kehamilan anda akan lebih beresiko dibandingkan dengan kehamilan pada umumnya.

Akan tetapi pada kondisi pengobatan stadium lanjut biasanya dokter akan menyarankan untuk menyimpan sel telur sebelum pengobatan dilakukan. Apabila kondisi rahim masih berfungsi dengan baik setelah dilakukan penanganan kanker, maka anda dapat melakukan program bayi tabung. Mengingat dampak yang terjadi pada kanker serviks tidak ada salahnya jika anda melakukan beberapa tips untuk menghindari kanker serviks, antara lain :

  1. Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
  2. Hindari kebiasaan merokok.
  3. Menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan sekitar.
  4. Hindari seks bebas dan seks yang dilakukan di usia dini.
  5. Lakukan vulva hygiene dengan air bersih dan cara yang benar.
  6. Setia pada pasangan.
  7. Lakukan skrining awal dengan melakukan pemeriksaan IVA dan Pap smear.
  8. Lakukan penyuntikan vaksin HPV.

Apabila anda mengidap penyakit kanker serviks maka jika terjadi kehamilan akan muncul beberapa dampak yang terjadi pada kehamilan dan proses persalinan anda seperti keguguran, perkembangan janin yang terhambat, hambatan proses persalinan, dan kelahiran prematur. Alangkah lebih baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter apabila akan merencanakan kehamilan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here