Bisakah Kanker Payudara Stadium 4 Disembuhkan?

SehatFresh.com – Kanker payudara stadium 4 menunjukkan bahwa tumor pada payudara telah menyebar (menyebar) ke organ tubuh lainnya. Pada stadium ini, sel-sel kanker telah menyebar melalui kelenjar getah bening ke organ seperti paru-paru, tulang, kulit, dan lainnya. Kondisi ini juga disebut kanker payudara metastatik atau kanker payudara stadium lanjut.

Stadium 4 adalah stadium kanker yang paling serius dan mengancam jiwa. Oleh karenanya, berjuang mengalahkan kanker payudara stadium 4 bisa sangat sulit. Kabar baiknya, kombinasi perawatan lanjutan dapat meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup pasien secara signifikan.

Prioritas pertama dalam mengobati kanker payudara stadium 4 adalah mencegah tumor tumbuh dan menyebar. Ketika ditemukan tumor telah menyebar ke area tubuh lain, pengobatan kemungkinan akan fokus pada lebih dari satu area. Pengobatannya bisa melibatkan kemoterapi, terapi hormon, terapi radiasi hingga operasi.

Dokter akan mempertimbangkan banyak faktor sebelum merekomendasikan perawatan. Usia dan kesehatan secara keseluruhan dapat menentukan apakah terapi dengan efek samping fisik yang kuat seperti kemoterapi, tepat atau tidak untuk Anda. Jika sebelumnya pengobatan tidak bekerja, dokter mungkin tidak akan menggunakannya lagi untuk mengobati kanker payudara stadium 4.

Menurut US National Cancer Institute, tingkat kelangsungan hidup rata-rata untuk pasien kanker payudara stadium 4 adalah sampai dua tahun. Namun, beberapa pasien telah dilaporkan bertahan selama 16 tahun atau lebih. Dan, diperkirakan 25 persen hidup setidaknya lima tahun setelah diagnosis awal. Namun, ini hanyalah statistik. Tingkat kelangsungan hidup yang sebenarnya adalah variabel. Kini, wanita yang telah divonis dengan kanker payudara stadium 4 kemungkinan bisa hidup lebih lama mengingat semakin majunya pengobatan kanker dari waktu ke waktu.

Gaya hidup sehat secara keseluruhan tentunya akan membantu pemulihan. Pemilihan makanan penting untuk diperhatikan. Makanan nabati yang tinggi antioksidan, dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko pengembangan kanker payudara. Memilih makanan sehat juga akan memberi efek positif setelah diagnosis. Pasien kanker payudara harus menahan diri dari daging merah, susu tinggi lemak, keju tinggi lemak, minuman beralkohol, dan makanan yang tinggi lemak jenuh.

Tidak ada kelompok makanan atau makanan tunggal yang dapat mengobati kanker. Diet seimbang yang rendah lemak dengan lebih menekankan pada makanan nabati dianggap sebagai pilihan yang baik untuk mencegah kanker dan membantu memulihkan kondisi setelah diagnosis. Untuk itu, pastikan pada menu harian terdapat sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kebutuhan nutrisi tubuh sebaiknya dipenuhi dari makanan bukan suplemen, karena suplemen tidak diserap secara efisien oleh tubuh.

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk memperoleh berat badan yang sehat. Mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dapat menurunkan hormon estrogen, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko kekambuhan kanker payudara, terutama jika Anda telah didiagnosis dengan kanker payudara hormon-sensitif.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY