Bisakah Kemandulan Disembuhkan?

SehatFresh.com – Kemandulan atau infertilitas adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah melaksanakan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi. Mandul atau infertilitas merupakan hal yang paling dicemaskan bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan. Pasangan dikatakan mandul bila belum mendapatkan keturunan walaupun sudah melakukan hubungan suami-istri secara aktif selama lebih dari 1 tahun. Kondisi kemandulan bisa dialami pria atau wanita.

Pada pria, kemandulan dapat ditandai disebabkan oleh kualitas sel sperma yang buruk, di mana sel sperma kurang lincah bergerak, sel sperma yang terkandung dalam cairan sperma di bawah standar atau malah tidak ditemukan adanya sel sperma sama sekali. Jika pasangan belum mengalami kehamilan setelah lewat setahun, maka pemeriksaan kesehatan reproduksi pria sangat diutamakan.

Di sisi lain, diagnosa mandul pada seorang wanita jauh lebih rumit dari pada pria. Hal ini dikarenakan organ reproduksi wanita lebih rumit dan kompleks dibanding pria. Penyebab kemandulan pada wanita dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang lebih beragam. Salah satunya adalah faktor disfungsi ovulasi di mana ovarium tidak mampu untuk memroduksi sel-sel telur yang sehat. Selain itu, faktor kekurangan gizi dan kelainan hormon juga bisa mempengaruhi proses pembuahan sel sperma dan sel telur. Kondisi medis seperti infeksi pada rahim atau tuba falopi juga dapat menjadi penyebab terjadinya kemandulan.

Apakah kemandulan dapat disembuhkan?
Jawabannya bisa, namun tergantung pada penyebab kemandulan itu sendiri. Jika kemandulan disebabkan oleh faktor infeksi, baik itu pada pria atau pun wanita, maka masih ada peluang hamil bila infeksi tersebut telah diobati. Namun jika penyebabnya bersifat tetap, misalnya kelainan pada organ reproduksi pria yang tidak mampu menghasilkan sel sperma yang sehat atau kondisi ovarium wanita yang tidak bisa memproduksi sel telur yang sehat, maka berbagai jenis terapi dan obat-obatan umumnya tidak bisa mengatasi kondisi ini.

Konseling memegang peranan penting dalam penangangan masalah infertilitas. Penderita harus benar-benar siap mengetahui kenyataan bila salah satu pihak atau kedua belah pihak yang menjadi penyebab masalah kemandulan tersebut. Tidak sedikit pria yang menjadi cemas dan merasa kehilangan kejantanannya karena tidak dapat menghamili istrinya. Dengan konseling, hal tersebut dapat dihindarkan dengan penjelasan yang benar dari para ahli.

Sumber gambar : articles.snowballsunderwear.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY