Bisakah Maniak Seks Disembuhkan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seks memang bisa begitu nikmat. Namun, rasa nikmat ini juga bisa bak pisau bermata dua. Kenikmatan ini dapat membuat ketagihan. Nah, ketagihan seks secara berlebihan dan menjadi maniak tentu bisa menimbulkan masalah tersendiri.

Maniak adalah istilah yang sering digunakan bagi para pecandu dan orang-orang yang menggandrungi segala sesuatu dengan berlebihan. Tak hanya game, atau koleksi barang, main gadget, candu juga bisa terjadi kegiatan seksual. Kecanduan ini mirip dengan penyalahgunaan zat karena disebabkan oleh zat kimia kuat yang dilepaskan selama hubungan seks.

Maniak atau kecanduan seks merupakan istilah untuk menggambarkan perilaku seseorang yang terobsesi dengan seks atau memiliki dorongan seksual yang luar biasa intens. Maniak seks dapat melakukan berbagai bentuk aktivitas seksual yang cenderung berbahaya.

Lantas, apakah maniak seks bisa diatasi dengan mudah? Seperti kejadian kecanduan lainnya, ternyata penderita maniak seks bisa disembuhkan. Berikut adalah berbagai caranya.

  • Terapi individu

Anda harus meluangkan waktu sekitar 30-60 menit dengan terapis kesehatan mental. Di sini, Anda dan terapis akan fokus pada perilaku seksual Anda yang kompulsif serta gangguan yang terjadi bersamaan.

  • Dialectical-Behavioral Therapy (DBT)

Terapi ini, pada dasarnya terdiri dari empat bagian, yaitu kelompok melatih keterampilan, perawatan individual, pembinaan DBT, dan konsultasi. Keempat tahapan ini dirancang untuk mengajarkan empat keterampilan: kewaspadaan, toleransi bahaya, efektivitas interpersonal dan mengatur emosi pecandu.

  • Cognitive-Behavioral Therapy (CBT)

Terapi CBT ini akan mengedepankan pada gagasan yang menyimpulkan bahwa perilaku, emosi,serta pikiran Anda saling terkait dan bekerja untuk mengubah pikiran negatif menjadi pemikiran positif.

  • Terapi psikodinamik

Terapi ini, mengaitkan adanya kenangan dan konflik yang tidak disadari mempengaruhi perilaku kecanduan seksual Anda. Terapi psikodinamik ini akan mengungkap pengaruh awal masa kanak-kanak tentang kebiasaan saat ini atau faktor sekarang yang memicu hal terhadap kecanduan seks saat ini

  • Terapi kelompok

Terapi kelompok ini akan dipimpin oleh terapis profesional. Terapi kelompok dirancang untuk menggantikan perilaku negatif dan merugikan dengan perilaku pro-sosial yang positif. Praktik terapi ini juga memberi  para pecandu keyakinan, bahwa dia tidak sendiri dan bisa saling mendukung satu sama lain untuk sembuh.

  • Psikoterapi

Psikoterapi dilakukan untuk memberikan kesadaran pada mereka yang mengalami maniak seks. Kesadaran yang diberikan itu dalam bentuk kondisi aktual, efek samping, definisi kepuasan, dan cara melakukan pengendalian diri. Dengan cara ini, seorang maniak seks akan berusaha mengubah dirinya dari dalam dan bantuan dari pasangan.

  • Menggunakan obat tertentu

Pada kondisi tertentu, seorang maniak seks membutuhkan obat anti cemas dan obat anti depresan. Obat ini akan membantu mengendalikan emosi yang berlebihan dan susah sekali dikendalikan. Penggunaan obat ini harus sesuai resep dari dokter. Saat mengonsumsi obat, usahakan untuk mengedukasi juga agar efeknya maksimal. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here