Blokade Cabang Berkas

DENIFISI

Blokade cabang berkas merupakan suatu kondisi di mana ada penundaan atau obstruksi di sepanjang jalur yang dilalui impuls listrik untuk membuat jantung Anda berdetak. Penundaan atau penyumbatan dapat terjadi pada jalur yang mengirimkan impuls listrik ke kiri atau sisi kanan jantung. Kondisi ini terkadang sangat menyulitkan bagi jantung untuk memompa darah secara efisien melalui sistem peredaran darah.

Tidak ada pengobatan khusus untuk blokade cabang berkas itu sendiri. Namun, kondisi kesehatan yang mendasari seperti penyakit jantung sangat perlu untuk diobati. Terkadang, blok cabang berkas dikaitkan dengan masalah lain dalam sistem elektrik jantung yang dapat menyebabkan denyut jantung lambat yang berbahaya yang membutuhkan pengobatan dengan alat pacu jantung temporer atau permanen.

GEJALA

Pada kebanyakan orang, blok cabang berkas tidak menimbulkan gejala apapun. Terkadang, orang dengan kondisi bahkan tidak tahu bahwa mereka memiliki blok cabang berkas. Tanda dan gejala yang dapat mengindikasikan blokade cabang berkas meliputi pingsan (sinkop), merasa seolah-olah akan pingsan (presinkop) dan denyut jantung yang lambat (bradikardia).

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda pingsan, segera temui dokter untuk mengkonfirmasi kondisi medis apa yang mendasarinya. Jika Anda memiliki penyakit jantung atau jika dokter telah mendiagnosis Anda memiliki blokade cabang berkas, dokter mungkin menyarankan untuk sering melakukan kunjungan tindak lanjut.

PENYEBAB

Biasanya, impuls listrik di dalam otot jantung memberi sinyal agar jantung berdetak. Impuls tersebut berjalan sepanjang jalur termasuk sekelompok serat ramping pada sistem kelistrikan jantung. Salah satu bidang serat ini disebut berkas His. Bundel ini terbagi menjadi dua cabang yaitu cabang kanan dan kiri, satu untuk masing-masing dua bilik jantung bawah (ventrikel).

Jika satu atau kedua berkas-berkas cabang ini menjadi rusak karena serangan jantung, perubahan dapat membuat jantung berdetak tidak normal karena impuls listrik yang membuat jantung berdetak menjadi melambat atau diblokir. Ketika ini terjadi, ventrikel jantung tidak lagi berkontraksi dalam koordinasi yang sempurna satu sama lain.

Penyebab yang mendasari terjadinya blokade cabang berkasi berbeda-beda tergantung pada cabang berkas yang dipengaruhi. Blokade cabang berkas kiri biasanya disebabkan oleh beberapa jenis penyakit jantung. Beberapa orang yang mengalami blokade cabang berkas kanan biasanya tidak memiliki masalah jantung lain yang jelas. Penyebab khusus dapat mencakup:

Blokade cabang berkas kiri

  • Penyakit jantung
  • Gagal jantung kongestif
  • Otot jantung menebal, kaku atau melemah (cardiomyopathy)
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Blokade cabang berkas kanan

  • Kelainan jantung bawaan (congenital) seperti cacat septum atrium
  • Serangan jantung (myocardial infarction)
  • Infeksi virus atau bakteri pada otot jantung (myocarditis)
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Jaringan parut yang berkembang setelah operasi jantung
  • Gumpalan darah di paru-paru (paru emboli)

Komplikasi

Komplikasi utama dari blokade cabang berkas adalah melambatnya denyut jantung yang terkadang memerlukan alat pacu jantung. Denyut jantung yang lambat dapat terjadi karena penyumbatan di sisi kanan atau kiri jantung. Orang yang memiliki serangan jantung dan mengembangkan blokade cabang berkas berisiko mengalami komplikasi serius seperti kematian mendadak. Orang yang mengalami blokade cabang berkas setelah serangan jantung memerlukan alat pacu jantung yang bersifat sementara atau permanen. Karena blokade cabang berkas mempengaruhi aktifitas listrik jantung, hal tersebut dapat mempersulit diagnosis kondisi jantung yang akurat dan mengakibatkan penundaan dalam pengelolaan yang tepat dari masalah tersebut.

TES DAN DIAGNOSA

Elektrokardiogram

Elektrokardiogram (EKG) adalah tes yang digunakan untuk mendiagnosa blokade cabang berkas. Tes non-invasif ini merupakan rekaman listrik kegiatan jantung. Dalam tes ini, seorang ahli akan menempatkan probe pada kulit dada yang akan menunjukkan pola impuls listrik melalui jantung sebagai pola-pola gelombang. Kelainan pada gelombang dapat menunjukkan kehadiran blokade cabang berkas. Pola listrik juga dapat menunjukkan cabang berkas yang dipengaruhi penyumbatan. Ada kemungkinan dokter menemukan kehadiran blokade cabang berkas tanpa disengaja yang berarti kondisi ditemukan pada saat Anda menjalani EKG untuk mendiagnosa kondisi jantung lain.

Ekokardiogram

Ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung. Ekokardiogram memungkinkan dokter untuk melihat gerakan rumit jantung dalam gerakan. Ekokardiogram dapat menampilkan gambar rinci struktur jantung dan menunjukkan ketebalan otot jantung dan apakah katup jantung bergerak normal. Cacat jantung bawaan seperti lubang antara ruang atas jantung (cacat septum atrium) dapat didiagnosis dengan ekokardiogram.

Perawatan dan pengobatan

Sebagian besar orang dengan blokade cabang berkas yang tidak menimbulkan gejala biasanya tidak memerlukan pengobatan. Jika Anda memiliki kondisi jantung lain mendasar yang menyebabkan blokade cabang berkas, pengobatan kondisi mendasar sangat dianjurkan. Pengobatan kondisi yang mendasari mungkin melibatkan penggunaan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau mengurangi efek gagal jantung atau penggunaan coronary angioplasty untuk membuka arteri yang menuju jantung Anda. Jika Anda mengalami tanda atau gejala seperti pingsan, dokter mungkin merekomendasikan alat pacu jantung buatan agar detak jantung Anda teratur.

Alat pacu jantung buatan

Untuk beberapa orang dengan blokade cabang berkas dan riwayat pingsan, dokter mungkin merekomendasikan penenaman alat pacu jantung buatan. Alat pacu jantung ini adalah perangkat kompak yang ditanam di bawah kulit dada bagian atas (alat pacu jantung internal).

Alat pacu internal ditempatkan di dekat tulang selangka dan operasi dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal. Alat pacu jantung generator menghubungkan kabel yang masuk ke dalam jantung. Alat pacu jantung menyediakan impuls listrik yang diperlukan agar jantung berdetak secara teratur. Perangkat ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi ketika jantung berdetak terlalu lambat dan membutuhkan sinyal dari alat pacu jantung untuk membuat jantung berdetak. Jika Anda membutuhkan alat pacu jantung, dokter dapat menjelaskan tindakan pencegahan yang perlu Anda ambil untuk menjaga perangkat bekerja dengan baik dan untuk mengurangi risiko yang terkait dengan penggunaannya.

PENCEGAHAN

Beberapa bentuk blokade cabang berkas tidak bisa dihindari. Menjaga kesehatan jantung dapat membantu mencegah kondisi yang meningkatkan risiko blokade cabang berkas seperti penyakit arteri koroner. Untuk mengurangi risiko penyakit arteri koroner yang dapat mengakibatkan blokade cabang berkas, Anda dapat :

  • Berhenti merokok jika Anda seorang perokok.
  • Mengurangi pola makan yang tinggi kolesterol dan lemak.
  • Menjaga berat badan pada tingkat
  • Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit latihan moderat setiap hari.
  • Mengontrol kondisi kesehatan yang mendasari seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan