Blueberry Mampu Menurunkan Pertumbuhan Sel Tumor Payudara

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Blueberry merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Namun kini anda sudah bisa menemuinya di Asia dan Australia. Buah blueberry ini memiliki dua varietas, antara lain Cranberry (Vaccinium macrocarpon) dan bilberry (Vaccinium vitis-idaea).

Buah blueberry dijuluki sebagai superfood, dan dianggap bahwa mengonsumsi sedikit buah blueberry sehari dapat menawarkan perlindungan dari beberapa penyakit.

Menurut penelitian dari Universitas Tufts menganalisis kandungan antioksidan dari 60 buah dan sayuran dan ternyata kandungan antioksidan blueberry berada di urutan teratas.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, blueberry juga memiliki kandungan flavonoid tinggi, terutama antosianin, yaitu pigmen berwarna biru, ungu dan merah yang berkhasiat antioksidan dan antiangiogenik. Antiosianin juga menstabilkan jaringan kolagen yang ada pada kulit dan pembuluh darah vena sehingga jaringan tersebut menjadi lebih sehat, kuat, dan lentur.

Buah berukuran kecil ini memiliki banyak sekali manfaat. Karena khasiatnya sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri dan antiangiogenik dan laksatif ringan, buah ini mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Bluberry mampu meneurunkan pertumbuhan sel tumor dengan cara menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru ke jaringan tumor sehingga pertumbuhan tumor terhenti karena berheninya pasokan makanan.

Untuk mendapatkan kandungan bluberry sebagai penurun perkembangan sel tumor payudara anda dapat mengonsumsinya dengan cara :

  1. Mengonsumsi langsung buah blueberry

Anda dapat menikmati buah blueberry langsung tanpa diolah karena tanpa diolahpun anda sudah dapat merasakan manisnya buah ini. Andapun dapat menyajikan buah ini sebagai buah meja.

  1. Jus buah blueberry dengan yoghurt

Untuk membuat satu gelas jus ini, anda cukup menyiapkan 1 cup blueberry, satu sendok makan oat, tiga sendok makan yoghurt dan satu sendok makan gula. Setelah itu blender semua bahan dan sajikan dalam gelas.

  1. Smoothie

Jika anda bosan menikmati blueberry dengan cara di jus, anda dapat membuat smothie dengan si kecil berwarna ungu ini. Caranya Campur buah-buahan seperti buah blueberry dan anggur. Tambahkan juga gula pasir dan es batu ke dalam blender yang sudah terisi buah tersebut. Setelah diblender, tuangkan smothie ke gelas lalu tambahkan es krim satu scoop sesuai dengan rasa yang anda inginkan.

  1. Salad buah

Blueberry juga dapat diolah sebagai salad buah. Campuran bahan salad yang dapat anda gunakan untuk membauat salad ini yaitu 100 gram anggur, 100 gram nanas matang dipotong-potong, 100 gram strawberry, 1 buah kiwi dikupas lalu potong bulat dan 1 buah apel hijau potong dadu lalu rendam dengan air jeruk nipis. Setelah buah-buahan siap, anda dapat menyiram salad dengan saus dari campuran yoghurt, madu, kulit jeruk lemon dan satu sendok teh daun mint yang di cincang. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY