Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Jeroan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jeroan merupakan bagian-bagian dalam tubuh hewan. Yang termasuk kedalam jeroan adalah semua bagian tubuh kecuali otot dan tulang. Bagian tersebut yaitu hati, jantung, ginjal, lidah, usus dan otak. Terkadang jeroan dapat dijadikan makanan mahal atau sebaliknya sebagai makanan sampah atau yang disebut dengan junkfood tergantung dari budaya setempat.

Pada ibu hamil apakah Jeroan dapat dikonsumsi?

Ibu hamil masih dapat mengkonsumsi Jeroan tetapi jumlahnya perlu dibatasi. Menurut para pakar kesehatan, dalam waktu sehari ibu hamil boleh mengkonsumsi jeroan maksimal sebanyak 2500 International Units (IU) vitamin A. Jika dilihat, setiap 120 gram hati ayam mengandung 36.000 IU vitamin A sedangkan satu porsi hati sapi mengandung 30.000 IU. Jadi batas maksimal ibu hamil boleh mengkonsumsi hati ayam kira-kira sebanyak 8 gram dan hati sapi sekitar 9 gram.

Apa bahayanya jika ibu hamil mengkonsumsi jeroan?

Beberapa pakar kesehatan menganjurkan agar ibu hamil untuk mengontrol dan membatasi dalam mengkonsumsi jeroan. Pasalnya jeroan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janinnya. Resiko yang dapat timbul jika ibu hamil mengkonsumsi lebih dari 2500 IU vitamin A yaitu janin dapat berisiko lahir cacat dan ibu mengalami komplikasi kehamilan. Beberapa bahaya jeroan yang harus diwaspadai ibu hamil diantaranya yaitu:

  1. Mengancam kesehatan ibu hamil dan menghambat pertumbuhan janin.
  2. Menimbulkan alergi pada ibu hamil berupa gatal-gatal yang berkepanjangan.
  3. Menimbulkan nyeri atau sakit pinggang.
  4. Meningkatkan berat badan secara signifikan.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia diketahui bahwa dari 100 ibu hamil yang mengkonsumsi jeroan selama usia kehamilan 3-6 bulan terdapat 23 ibu hamil yang mengalami alergi dan gatal berkepanjangan, 12 lainnya mengalami nyeri atau sakit pinggang dan 45 mengalami peningkatan berat badan secara signifikan.

Secara umum, jeroan banyak mengandung zat gizi seperti protein, lemak, vitamin, karbohidrat, mineral, fosfor, Kalium, seng, dan Magnesium. Beberapa vitamin yang terdapat dalam jeroan yaitu vitamin A, vitamin B komplek, B12 dan asam folat serta kromium.

Apa saja manfaat yang didapatkan ibu hamil jika konsumsi Jeroan?

  1. Mencegah Anemia

Pada umumnya hati merupakan sumber protein dan zat besi untuk mencegah anemia. Hati juga kaya akan vitamin A, B6, B12, C,  niacin, tiamin dan sumber mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor dan seng.

Pada 100 gram jeroan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik dan lengkap karena mengandung semua asam amino. Sedangkan pada 100 gram hati ayam mengandung lebih dari 50 persen kebutuhan zat besi dan 40 persen kebutuhan protein harian ibu hamil.

  1. Memelihara Sel-sel Saraf

Jeroan mengandung vitamin B12 yang sangat baik untuk memelihara sel-sel saraf agar berfungsi secara optimal. Selain itu dapat mengurangi potensi gangguan sistem kerja sel-sel saraf sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan memori pada otak.

  1. Perkembangan Fungsi Otak

Jeroan kaya akan kandungan kolin, dalam 3,5 0z hati sapi terkandung kolin 532 mg. Kolin berperan dalam perkembangan fungsi otak. Hal ini berhubungan dengan fungsi kolin sebagai komponen asetikolin berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.

Dengan asupan kolin yang  cukup, dapat membantu kerja sinyal saraf otak sehingga memperkuat daya ingat anak-anak, mencegah dari kepikunan di usia lanjut dan dapat memperbaiki memori otak yang rusak akibat proses penuaan. Dalam journal nutritional, Neuroscience dan Behavioural Brain Research bahwa kolin pada hati sapi dapat meningkatkkan memori jangka panjang.

Pada kehamilan, asupan kolin yang cukup dapat mengurangi risiko kematian sel pada janin yang berarti mengurangi risiko bayi cacat dan keguguran. Penelitian Meck dan William merekomendasikan pemberian makanan kaya kolin dilakukan sejak umur janin 20-25 minggu. Sementara asupan kolin pada saat menyusui mendukung perkembangan otak bayi secara optimal.

Itulah 3 manfaat jeroan bagi ibu hamil dan perlu diingat bahwa ibu hamil perlu membatasi konsumsi jeroan karena bahayanya bagi kesehatan ibu dan bayi. Ibu hamil juga harus melakukan kontrol secara rutin dan tetap menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi air mineral yang cukup dan olahraga rutin. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here