Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Yogurt?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melewati proses kehamilan memang tidaklah mudah, khususnya bagi ibu muda yang baru pertama kali mengalaminya. Alhasil berbagai aktivitas dan pengonsumsian makanan perlu diperhatian, agar tidak membahayakan bagi janin dalam kandungan.

Wanita hamil akan mengalami banyak perubahan

Sudah semestinya jika wanita hamil akan mengalami banyak perubahan. Selain bentuk tubuh, perubahan yang juga akan dialami adalah dari aspek psikologis. Tidak jarang jika akhirnya tekanan psikologis membuat wanita hamil menjadi khawatir atau justru stres.

Perubahan bentuk tubuh umumnya sejalan dengan pola makan. Jika sebelum hamil hanya makan sehari tiga kali, maka ketika hamil intensitasnya bisa bertambah. Wanita hamil bisa mengkonsumsi makan besar sampai empat atau lima kali sehari.

Selain itu makanan yang dikonsumsi juga lebih bervariasi. Mulai dari nasi, sayuran, lauk-pauk, hingga buah-buahan menjadi menu sehari-hari. Minuman yang dikonsumsi juga semakin beraneka. Tidak hanya air putih, wanita hamil juga tertarik untuk mencicipi aneka minuman sehat lainnya seperti yogurt.

Amankah yogurt untuk ibu hamil?

Berkaitan dengan aman atau tidaknya yogurt bagi wanita hamil, maka perlu penjelasan lebih mendalam. Seperti yang diketahui jika yogurt diolah melalui proses pasteurisasi. Alhasil dengan proses olahan tersebut, mengonsumsi yogurt masih dianggap aman bagi ibu hamil.

Kondisinya juga hampir sama dengan produk susu lainnya. Namun jika proses pasteurisasi tidak dilakukan, maka hindarilah minuman tersebut. Pasalnya bisa saja bakteri berbahaya masih terdapat di dalam yogurt yang tidak melalui proses pasteurisasi.

Kandungan bakteri yang terdapat dalam produk yogurt apabila tidak melalui proses pasteurisasi, tentu saja bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Namun untungnya sebagian besar produsen yogurt telah memenuhi standar proses pasteurisasi.

Apa manfaat yogurt bagi wanita hamil?

Yogurt memiliki manfaat bagi wanita hamil, dengan catatan minuman tersebut telah melewati standar proses pasteurisasi. Bagi pembaca yang penasaran dengan manfaat yogurt bagi wanita hamil, berikut ini tiga manfaatnya.

  1. Yogurt mempunyai kandungan lemak yang rendah.
  2. Yogurt mengandung kalsium yang cocok bagi perkembangan janin.
  3. Yogurt memiliki kandungan bakteri sehat atau probiotik yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Namun demikian, mengkonsumsi yogurt secara berlebihan juga bisa memberikan efek samping yang tidak baik bagi wanita hamil. Terlebih yogurt yang diminum tidak melalui standar proses pasteurisasi. Konsumsi yogurt yang dianjurkan untuk wanita hamil tidak melebihi sekitar 200 gram per hari.

Bagaimana jika wanita hamil mengkonsumsi yogurt secara berlebihan? Kelebihan jumlah dalam mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat menganggu asupan lemak bagi wanita hamil. Efek sampingnya bisa mengakibatkan serangan darah tinggi atau kolesterol. Namun selama mengkonsumsi yogurt dalam batas yang wajar, maka tidak terlalu berdampak buruk bagi wanita hamil. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here