Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat cuaca panas menyerang, salah satu minuman yang paling dicari adalah minum dingin atau air yang diminum dengan tambahan es di dalamnya. Sehingga tubuh akan langsung terasa sejuk dan dehidrasipun teratasi. Namun, bagaimana jika sedang hamil, apakah bisa mengonsumsi air es dan tidak membahayakan baik ibu atau janinnya?

Minum air es pada kebanyakan ibu hamil menjadi kekhawatiran karena banyaknya mitos yang beredar di masyarakat. Mitos bahaya minum es di masyarakat contohnya jika minum air es maka ukuran kepala akan menjadi bayi besar, padahal dalam dunia medis membesarnya ukuran kepala bayi atau dikenal dengan makrosomia ini umumnya disebabkan karena sang ibu mengidap penyakit diabetes. Jadi air es tidak mempengaruhi bayi yang di kandungan memiliki ukuran kepala yang besar.

Contoh mitos lainnya jika ibu hamil minum air es yaitu nantinya ibu hamil akan memiliki bayi kembar air atau polyhidramnion yang mana mitos ini juga tidak benar. Dari beberapa contoh mitos tersebut maka bisa kita ketahui bahwa sebenarnya ibu hamil diperbolehkan jika ingin minum air es atau tidak berbahaya bagi anda dan janin.

Pada dasarnya ibu hamil tidak boleh mengalami dehidrasi jadi harus banyak mengonsumsi air. Dehidrasi pada ibu hamil akan berbahaya karena dapat  meningkatkan risiko trombosis vena profundo akibat adanya bekuan darah pada daerah kaki ibu hamil. Untuk mengatasi dehidrasi tidak masalah anda ingin miinum air es atau air putih biasa karena keduanya boleh daripada anda kekurangan minum jika tidak suka minum di antara keduanya, yang mana akan bahaya untuk keadaan anda dan janin. Untuk ibu hamil minum air sehari minimal 10-12 gelas air putih baik tanpa atau dengan tambahan air es.

Jika dilihat dari segi klinis mengonsumsi air es selama kehamilan tidak akan mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan anda. Sebab suhu panas atau dingin yang masuk dalam tubuh anda akan langsung menyesuaikan suhu yang berada dalam tubuh anda. Jadi akan baik-baik saja karena tubuh dapat beradaptasi dengan suhu makanan atau minuman yang anda konsumsi.

Poin pentingnya saat anda mengonsumsi air es adalah dengan menghindari bahan tambahan pada air es yang anda konsumsi seperti kandungan gula yang berlebih dan kalori. Kandungan tersebut yang pada dasarnya akan berperan memiliki kemungkinan yang membuat air es menjadi bahaya untuk anda konsumsi. Jadi sebaiknya saat hendak minum air es maka amati kandungannya atau jika perlu jangan gunakan gula atau pemanis tambahan dalam air yang anda minum agar aman bagi anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here