Bolehkah Makan Setelah Berolah Raga?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahraga adalah aktivitas yang umumnya menyita banyak energi. Wajar saja bila pelakunya akan merasa lapar setelah melakukannya. Tapi, boleh atau tidak ya makan setelah berolah raga?

Pertanyaan di atas bisa menimbulkan dilema. Apalagi bila yang melakukan olahraga juga sedang menjalankan diet. Tak sedikit pula yang galau, apakah ingin tetap menjaga diet dan mempercepat penurunan berat badan dengan tidak makan atau harus menuruti keinginan perut?

Sebenarnya boleh-boleh saja jika Anda makan setelah berolah raga. Tapi, berikan jeda sekitar sekitar 15–30 menit. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa makan apapun. Salah memilih jenis makanan justru akan membuat olahraga yang sebelumnya Anda lakukan sia-sia atau setidaknya dampaknya minim sekali. Selain itu, Anda juga harus tetap memperhatikan porsinya. Makanan dan minuman yang harus dihindari setelah berolah raga antara lain:

  • Cemilan keripik berbumbu
  • Kentang goreng
  • Mie instan
  • Kacang olahan
  • Sirup dan minuman bersoda
  • Kopi sachet atau dalam kemasan
  • Jajanan es (es campur, es teler atau es cendol)

Saat berolah raga, otot Anda menggunakan persediaan glikogen untuk bahan bakar. Hal ini menyebabkan otot Anda terkuras. Beberapa protein di otot Anda juga tergerus. Setelah berolah raga, tubuh Anda mencoba untuk membangun kembali persediaan glikogen dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut.

Jadi, makanan yang Anda santap setelah olahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak yang sebelumnya telah dibakar saat olahraga. Ini karena suatu makanan akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Bisa dibilang, lemak tubuh adalah sisa makanan yang tak terpakai jadi energi.

Asupan makanan dan minuman yang salah hanya akan mengganggu proses metabolisme tubuh. Zat yang tidak tepat masuk ke dalam tubuh akan membuat proses metabolisme menjadi lambat.

Sebaliknya, mengonsumsi nutrisi yang tepat setelah berolah raga bisa membantu tubuh Anda menjaga metabolismenya. Maka, sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolah raga, bukan lemak.

Lebih baik lagi, konsumsilah makanan dengan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Hindari makanan yang berlemak tinggi setelah Anda berolah raga. Hindari juga makan makanan yang berat setelah berolah raga. Ini hanya akan membuat perut Anda kaget.

Jika Anda merasa pusing dan lemah setelah berolah raga, maka makanan atau camilan manis cukup bisa membantu memulihkan energi dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami. Salad atau gado-gado juga bisa menjadi pilihan. Setelah itu, selang 30–60 menit kemudian, Anda bisa mengonsumsi makan makanan berat jika memang sudah jadwalnya makan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here