Bolehkah Mandi saat Anak Terkena Cacar Air?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cacar air adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi oleh virus varisela zoster. Penyakit ini juga biasa dikenal dengan istilah varisela. Umumnya seperti jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus, cacar air dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Cacar air umumnya banyak sekali diderita oleh anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun. Namun ada beberapa juga kasus tentang penyakit ini juga diderita orang dewasa bahkan umumnya pada orang yang dewasa gejalanya akan cenderung lebih berat dibandingkan dengan anak-anak.

Pada umumnya seseorang yang menderita cacar air hanya satu kali seumur hidupnya. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan anda dapat terkena lebih dari satu kali. Jika penyakit itu terjadi biasanya bukan lagi cacar air tetapi melainkan shingles atau cacar api. Ciri-ciri khasnya cacar air yaitu terdapat atau munculnya bintil-bintik kemerahan yang berisi cairan dan akan terasa gatal oleh penderitanya. Setelah beberapa hari bintil-bintil tersebut akan mengering dan terkelupas oleh sendirinya. Pada bintil-bintil cacar air biasanya akan muncul pada wajah, punggung, kulit kepala, dada, perut, lengan bahkan pada kaki dan tangan.

Sebagian besar masyarakat atau mungkin anda mendengarnya bahwa ketika anda atau anak anda sedang mengalami penyakit cacar air tidak diperbolehkan untuk mandi sebelum cacar itu sembuh. Namun inni memang menjadi salah satu alasannya yaitu agar tidak terjadi infeksi. Sebenarnya menurut para medis memang menderita agak sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu dan lemah. Kemerahan pada kulit akan berubah menjadi lentin berisi cairan dengan dinding tipis, pada masa inkubasi virus vericella zooster adalah 10-21 hari maka setelah seseorang terinfeksi oleh viris tersebut maka akan muncul gejala cacar air selama 10-21 hari kemudian.

Menurut medis sebenarnya tidak ada larangan untuk mandi pada penderita cacar air, akan tetapi anda sebaiknya tetap mandi dengan air mengalir dan menggunkaan sabun. Hal ini ditunjukan agar higinitas tubuh anda tetap terjaga untuk mencegah infeksi lain yang akan  tumbuh disetiap fungsi kekebalan tubuh mau naik atau punturun. Namun anda perlu berhati- hati saat mandi dan anda jagalah agat lentingannya berisi air pada kulit agar tidak pecah dan kerena mangandung virus yang dapat menularan lebih lanjut.

Sedangkan untuk mengurangi rasa gatal, Anda dapat menggunakan bedak salisil. Bedak ini berfungsi untuk membuat lentingan kulit untuk tetap kering dan mencegahnya agar tidak pecah. Apabila lentingan sudah pecah, anda dapat mencegah terjadinya infeksi sekunder yang akan   diberi terapi dari luar yaitu salep antibiotik. Untuk mendapatkan obat tersebut, sebaiknya Anda harus memeriksakan diri ke dokter. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here