Bolehkah Mandi saat Tubuh Masih Berkeringat?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Padatnya aktivitas harian akan membuat anda mudah berkeringat, apalagi ditambah cuaca saat ini yang sangat panas yang tentunya membuat anda semakin gerah dan ingin segera pulang untuk membersihkan diri dengan mandi.

Mandi memang salah satu cara yang tepat untuk membersihkan diri setelah berkeringat. Karena tak hanya bersih, anda juga akan merasakan segar setelah mandi membersihkan keringat pada tubuh anda. Tetapi, apakah boleh jika mandi saat tubuh masih berkeringat?

Boleh atau tidaknya mandi segera setelah berkeringat itu sebenarnya bergantung dengan kenyamanan masing-masing individu. Jika anda merasa nyaman mandi saat masih berkeringat itu boleh atau anda mungkin akan merasa nyaman jika keringat sudah hilang baru mandi. Namun, secara kesehatan ada anjuran agar tidak mandi segera saat anda masih berkeringat. Hal itu karena dapat memunculkan masalah pada kulit anda antara lain:

  1. Muncul bercak putih pada kulit

Mandi saat tubuh masih berkeringat dapat memunculkan bercak putih pada kulit yang akan membuat anda tidak nyaman dan tidak percaya diri jika sampai tumbuh di bagian kulit yang terlihat oleh orang lain. Munculnya bercak putih tersebut pada kulit terjadi karena anda sering mandi saat berkeringat yang mana memicu tumbuhnya jamur yang bernama pityriasis versicolor pada kulit anda.

Jika sering melakukan kebiasaan mandi saat berkeringat maka akan menambah jumlah bercak putih tersebut. Oleh karena itu kurangi kebiasaan mandi saat tubuh anda berkeringat. Jamur penyebab bercak putih pada kulit ini sering menyerang pada remaja atau di usia dewasa muda.

  1. Kulit menjadi kering

Selain menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit, mandi saat tubuh masih berkeringat juga dapat membuat kulit anda menjadi kering. Keringnya kulit terjadi karena saat berkeringat pori-pori kulit anda dalam kondisi terbuka, jika anda mandi maka akan membuat kulit anda mengalami kekeringan. Apalagi jika kulit anda termasuk jenis berminyak maka akan mudah sekali mengalami kekeringan jika mandi saat tubuh anda masih berkeringat.

Itulah alasan mengapa menurut kesehatan mandi saat berkeringat sebaiknya dihindari karena akan merugikan kesehatan kulit anda. Ada baiknya bersabar sebentar dan menunggu keringat pada tubuh anda mengering sambil beristirahat karena lelah beraktivitas seharian dan setelah itu baru anda membersihkan diri dengan mandi. Sehingga selain tubuh menjadi segar, kulit anda juga akan tetap aman dan sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here