Bolehkah Melakukan Pijat atau Urut saat Sedang Menstruasi?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi tidak hanya menyebabkan emosi wanita menjadi labil atau mudah berubah-ubah, tetapi juga disertai keluhan lain seperti nyeri dan pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu.

Saat tubuh merasa pegal atau nyeri hal terbaik yang dilakukan adalah dengan memijatnya termasuk pegal akibat menstruasi. Tapi sayangnya ada yang bilang bahwa pijat saat menstruasi itu bahaya karena dapat menyebabkan perdarahan yang lebih berat dari biasanya. Benarkah pijat saat menstruasi itu bahaya dan tidak boleh dilakukan?

Sebenarnya melakukan pijat saat menstruasi itu aman dan diperbolehkan dengan tetap memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dan boleh dilakukan saat melakukan pemijatan pada wanita yang sedang mengalami menstruasi.

Jika anda sedang menstruasi, sebaiknya melakukan pemijatan dengan tenaga profesional yang memang ahli dalam pemijatan. Melakukan pemijatan dengan profesional akan lebih aman karena tenaga ahli pasti sudah tahu bagian mana saja yang harus maupun tidak boleh dipijat.

Sebelum melakukan pemijatan, anda perlu memberitahukan pada tenaga ahli bahwa anda sedang menstruasi sehingga bagian tubuh tertentu yang tidak boleh dipijat saat anda menstruasi akan dihindari untuk dipijat.

Bagian tubuh yang dihindari saat melakukan pemijatan pada wanita yang menstruasi adalah bagian perut. Perut perlu dihindari untuk tidak dipijat agar tidak meningkatkan aliran darah saat anda menstruasi. Selain itu, menghindari pemijatan pada perut juga bertujuan untuk mencegah terjadinya cedera pada organ dalam.

Tidak hanya memberikan efek relaksasi dan menghilangkan pegal-pegal, melakukan pemijatan saat mentruasi juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti:

  1. Menghindarkan stress saat PMS

PMS atau pre mestruasi syndrome sangat erat kaitannya dengan menstruasi. PMS bisa menyebabkan seorang wanita merasa stress. Untuk mencegah terjadinya stress saat PMS menyerang, pijat bisa anda gunakan sebagai intervensi menghindarkan anda dari stress saat PMS.

  1. Melancarkan menstruasi

Beberapa dari anda mungkin ada yang bermasalah dengan siklus menstruasi yang tidak lancar. Melakukan pemijatan dapat membantu anda untuk melancarkan lagi siklus menstruasi anda. Cukup lakukan pemijatan pada tangan atau kaki. Beberapa bagian pada tangan seperti bagian pungung tangan tepatnya di tulang pergelangan dan jari telunjuk dipercaya jika dipijat akan membantu melancarkan menstruasi.

Sudah jelas bahwa melakukan pemijatan saat menstruasi itu diperbolehkan, jadi mulai sekarang anda boleh melakukan pemijatan tanpa menunggu mentruasi selesai. Sehingga anda bisa menghilangkan pegal-pegal atau stress yang anda rasakan selama menstruasi dengan dipijat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here