Bolehkah Memakan Durian Saat Hamil?

www.cosmomom.net

SehatFresh.com – Keinginan seorang ibu untuk mengkonsumsi beberapa makanan ketika hamil atau lebih sering dikenali dengan sebutan ngidam terkadang membuat kewalahan. Keinginan mengkonsumsi beberapa jenis makanan ketika Anda sedang hamil memang wajar terjadi, akan tetapi pengaruh makanan tersebut harus diperhatikan untuk kesehatan Anda dan janin. Pada umunya, beberapa jenis makanan yang dipantang untuk ibu hamil ialah makanan yang berbahan dasar ikan mentah atau dimasak setengah matang, makanan berbahan susu dan keju yang tidak melalui pasteurisasi, minuman yang mengandung alkohol, dan yang terakhir membatasi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Bagaimana dengan buah durian, betulkah ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah durian karena berpengaruh pada kesehatan janin? Pada dasarnya durian tidak memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan ibu hamil, namun jika dikonsumsi berlebihan maka akan mengganggu kesehatan janin.

Sebenarnya tidak ada larangan makanan apa pun untuk wanita yang sedang hamil. Semua makanan bisa dikonsumsi. Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah seberapa besar porsinya. Memakan durian satu atau dua biji saja sudah cukup, jangan lebih. Durian mempunyai sifat panas dan dapat merusak organ organ tubuh. Efek panas yang dihasilkan adalah dari kandungan gas, soda, glukosa, kolesterol dan alkohol yang ada didalamnya. Masih banyak pilihan buah buahan yang lebih aman dan tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan janin

Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut dapat menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya, durian dapat menyebabkan terjadinya diabetes karena glukosa yang ada dalam durian. sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung.

Dua zat yang terkandung di dalam buah durian adalah asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat yang terkandung di dalam buah durian merupakan senyawa yang menjadikan biang dalam pembentukan prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir.

Mengkonsumsi durian tidak dilarang. Namun jangan berlebihan karena sifat durian yang panas di lambung dapat menggangguu kesehatan lambung bahkan terjadi keguguran. Jadi, konsumsilah durian secukupnya dikala hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY