Bolehkah Merawat Wajah atau Facial saat Berjerawat?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merawat wajah merupakan rutinitas yang biasanya dilakukan oleh para wanita. Salah satu jenis perawatan wajah yang dapat dilaukan oleh wanita adalah facial. Facial sendiri kerap kali dihubungkan dengan kegiatan memanjakan wajah yang dilakukan di salon.

Pengertian secara luas dari facial adalah perawatan kecantikan dimana kulit wajah akan dikelupas untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda. Pada awalnya, perawatan ini merupakan perawatan yang umum dilakukan oleh wanita, namun hasil yang memuaskan membuat metode ini juga populer di kalangan pria.

Sederet manfaat yang dirasakan dari kegiatan facial tentunya dapat menarik para pelanggan salon untuk dapat melakukan facial secara berulang-ulang. Manfaat yang didapatkan dari facial yakni membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, menghilangkan komedo dan benda asing yang menyebabkan wajah kusam, bebas dari lemak dan masalah kecantikan lainnya.

Tidak sedikit wanita yang menghindari melakukan facial, meskipun sudah banyak juga yang merasakan manfaat facial wajah untuk kecantikannya. Saat Anda melakukan facial dan mendapat perlakuan untuk mengeluarkan komedo atau berusaha membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran, biasanya memang terasa sedikit tidak nyaman. Tetapi, rasa tersebut tidak menimbulkan sakit.

Rasa sakit saat jerawat atau komedo dikeluarkan biasanya disebabkan karena jerawat belum matang atau belum padat, sehingga bisa menyebabkan luka atau infeksi. Sebenarnya ada beberapa jenis facial  yang saat ini dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah wajah yang ada, tidak terkecuali masalah jerawat. Jenis-jenis facial yang selama ini dikenal yakni whitening facial, anti aging dan facial buah-buahan.

Untuk mengatasi kulit wajah yang sedang berjerawat, menurut Muliyawan (2013), facial anti acne dapat digunakan sebagai alternatif. Karena jenis facial tersebut digunakan untuk perawatan kulit yang berminyak. Bahan-bahan yang digunakan pun mengandung zat-zat yang dapat mengurangi produksi minyak di wajah dan meredakan peradangan akibat jerawat. Apabila Anda takut untuk melakukan facial ketika jerawat sedang bermunculan di wajah, facial anti acne dapat menjadi solusi untuk Anda aplikasikan di wajah.

Namun, ada juga jenis prosedur facial anti acne yang dinamakan dengan ekstrasi jerawat. Ekstraksi jerawat merupakan proses mengeluarkan cairan atau isi jerawat dengan alat khusus (memecahkan jerawat). Saat jerawat meradang, prosedur ini harus dihindari karena bisa mengakibatkan infeksi dan bopeng pada kulit wajah Anda.

Facial memang diperbolehkan saat Anda sedang jerawatan, tapi tergantung pada jenis dan seberapa banyak jerawat di wajah Anda. Apabila di salon-salon terdekat belum menyediakan layanan facial anti acne, sebaiknya niat untuk facial ketika jerawat sedang banyak bermunculan ditunda terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan prosedur pembuangan jerawat yang nantinya justru akan membuat jerawat semakin parah. Akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan rutin seperti biasa di rumah, seperti membersihkan wajah secara teratur dan membubuhkan obat yang sudah diresepkan oleh dokter kecantikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here