Bolehkah Mewarnai Rambut saat Hamil?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada kehamilan mungkin banyak hal yang anda pertimbangkan termasuk anda ingin mewarnai rambut agar terlihat lebih indah untuk dilihat. Tetapi anda mungkin bertanya-tanya apakah boleh ibu yang sedang hamil untuk diwarnai rambutnya? Mungkin anda sudah mengetahui pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang akan diserap oleh kulit kepala dan rambut, lalu akan masuk kedalam tubuh serta dapat membahayakan janin, apa begitu demikian?

Dari beberapa sumber yang menyatakan, bahwa hingga saat ini, penelitian tidak membuktikan adanya efek buruk dalam mewarnai rambut saat hamil. Karena bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut secara berlebihan mungkin memang membahayakan tetapi jika anda menggunakan pewarna rambut sesuai dosis mungkin tidak akan mempengaruhi ibu hamil dan janinnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya jika anda sedang mewarnai rambut pastinya anda akan kontak langsung antara kulit kepala dan bahan kimia hal ini perlu anda perhatikan karena akan menimbulkan potensi buruk yang mungkin saja akan timbul. Untuk menambah kepastian di sarankan agar ibu hamil tidak mewarnai rambut oleh sendirinya.

Hal-hal yang perlu anda ketahui ketika anda ingin mewarnai rambut anda seperti :

  1. Hindari mewarnai rambut ketika anda masih dalam Trimester pertama.

Karena ketika anda masih dalam kehamilan yang awal TM 1 masa ini sangat sensitif karena janin masih sangat rentan terhadap pengaruh dari luar yang mengenai kulit kepala masuk kedalam pori-pori dan ikut kedalam aliran darah didalam tubuh anda.

  1. Anda dapat menggunakan cat yang berbahan alami atau yang lebih rendah amoniaknya.

Bila andaa ingin mewarnai saat anda hamil gunakan cat rambut yang rendah amoniak, dan anda dapat memilih yang berbahan alami (cat rambut dari tumbuhan)

  1. Menggunakan sarung tangan dan di ruangan yang terbuka

Anda perlu menggunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan kimia pewarna rambut. Di dalam ruangan yang terbuka yang memenuhi sirkulasi udara agar bau cat pewarna rambut tersebut tidak terlalu anda hirup.

  1. Hindari kontak dengan kulit kepala

Highlight rambut lebih disarankan dibanding dengan mewarnai rambut saat hamil. Karena disekitar area yang terpapar pewarna lebih sedikit dan berada 1-2 cm diatas kulit kepala.

Jika ingin mewarnai rambut anda ketika anda sedang hamil anda perlu mematuhi petunjuk yang ada didalam kemasan. Tetapi jika anda ragu untuk mewarnai rambut anda. Disarankan anda untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter kandungan atau anda bisa menunda mewarnai rambut anda tersebut hingga anda melahirkan anak anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here