Bolehkah Olahraga Berenang Ketika Sedang Puasa?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah Anda suka berenang? Bila ya, apakah Anda berniat berenang di bulan Ramadhan? Masih bimbang ya, berenang bisa membatalkan puasa atau tidak? Bagi yang hobi berenang, puasa terkadang menimbulkan dilema. Bukan karena tak kuat menahan lapar dan dahaga, namun khawatir tidak bisa melakukan hobinya. Padahal, olahraga termasuk renang, bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bugar, terutama saat menjalani ibadah puasa.

Ada juga pendapat, berenang sangat disarankan jika ini memang bisa menambah semangat dan membantu kita dalam melaksanakan puasa. Berpuasa adalah menahan dari makan dan minum. Memang, berenang atau menyelam rentan terhadap masuknya atau terminumnya air. Kalau begitu, sahkah puasa seseorang yang mengalaminya?

KH Maman Imanul Haq, Ketua Lembaga Dakwah PBNU mengatakan, berenang atau menyelam sebenarnya tidak masalah dilakukan di saat puasa.

“Ada yang bertanya, bagaimana hukumnya berenang di siang hari di saat bulan puasa? Berenang tidak bermasalah. Rasul justru menganjurkan kita berolah raga, ‘Didiklah anak-anakmu untuk belajar renang dan memanah’. Tapi masalahnya, ada orang yang diam-diam memasukkan air ke dalam perut agar puasanya kuat. Ini membatalkan,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Ustad Subki Al Bughury. Ia menjelaskan, sesungguhnya berenang tidak membatalkan puasa asal bisa menjaga mulut, hidung, dan telinga dari air. Seandainya tidak bisa menjaga hal-hal tersebut, alangkah baiknya memilih waktu berenang tidak pada siang hari.

Selain mewaspadai masuknya air ke dalam mulut, hidung, atau telinga, hindari membuang gas saat berenang. Ketika sesorang membuang gas saat berenang, air di kolam dapat masuk ke dalam tubuh melalui dubur sehingga akan membatalkan puasa.

Lantas, kapan waktu yang tepat? Ustad Subki menyarankan, berenang dapat dilakukan setelah berbuka puasa. Hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang dapat membuat puasa Anda batal. Dengan memperhatikan apa saja yang dapat membatalkan puasa, ibadah puasa yang Anda lakukan juga tidak akan sia-sia.

Bila Anda ingin tetap berenang sebelum waktu berbuka, maka alangkah baiknya menyiapkan perlengkapan tambahan. Salah satunya adalah penyumbat telinga. Benda ini menghalangi air masuk ke saluran telinga saat berenang. Air yang masuk ke telinga dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama beberapa jam setelah berenang dan juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi telinga luar atau biasa disebut dengan swimmer’s ear.

Perlengkapan tambahan lainnya yang diperlukan ialah penjepit hidung. Sama halnya dengan fungsi penyumbat telinga, ada baiknya ketika Anda berenang saat puasa menggunakan penjepit hidung untuk mencegah air memasuki hidung saat berenang.

Nah, kalau memang sudah yakin berenang tak membatalkan puasa dan menyiapkan perlengkapan tambahan yuk kita berenang. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here