Bolehkah Remaja Mengkonsumsi Susu Pembentuk Otot?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ini makin banyak remaja yang menyadari betapa pentingnya menjaga hidup sehat dengan rajin berolahraga. Kemudian, untuk mempercepat memiliki bentuk tubuh ideal, banyak remaja yang mulai coba-coba membeli susu pembentuk otot. Namun, apakah mengkonsumsi susu pembentuk otot amanbagi remaja?

Apa yang terkandung dalam susu pembentuk otot?

Susu pembentuk otot biasanya memiliki beberapa jenis atau varian. Whey protein adalah salah satu suplemen otot yang paling umum ditemui. Whey protein memiliki sifat anabolik, yakni lebih berfungsi untuk membentuk otot tubuh seseorang. Hal ini bisa terjadi karena whey protein mengandung asam amino yang berperan penting meningkatkan pembentukan protein pada otot dan menghambat terjadinya pemecahan protein dalam tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan jika mengkonsumsi whey protein dapat meningkatkan pembentukan otot sebesar 68 persen dibanding protein kasein yang hanya sebesar 31 persen.

Namun, anda jangan mudah terlena dengan sejumlah manfaat yang ditawarkan whey protein ini. Ingat, bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan hasilnya tidak baik untuk tubuh dan ini termasuk protein. Apabila tubuh terlalu banyak mendapat asupan protein di luar batas, sehingga dapat menghadirkan risiko kesehatannya.

Ingat, Kebanyakan asupan protein justru tidak baik!

Meskipun susu pembentuk otot memiliki banyak manfaat, Anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Apalagi bagi remaja. Perlu anda ketahui, bahwa susu pembentuk otot bukanlah suatu suplemen pengganti makan yang bisa menggantikan sumber gizi dan nutrisi alami dari makanan seimbang. Selain itu, mengkonsumsi susu pembentuk otot juga bukan jalan satu-satunya untuk membentuk otot tubuh tanpa didampingi dengan olahraga rutin.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics melaporkan bahwa pada dasarnya suplemen protein tidak terlalu dibutuhkan oleh remaja, bahkan bagi remaja yang berprofesi sebagai atlet sekalipun. Dengan catatan, mereka sudah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Bahkan, mengkonsumsi suplemen protein disebutkan dapat mengurangi daya tahan seorang atlet remaja ketika bertanding.

Asupan gizi seimbang penting untuk tumbuh kembang seorang remaja secara optimal. Selain protein, tubuh remaja juga butuh zat gizi lain, seperti zat karbohidrat. Karbohidrat merupakan bahan bakar paling utama untuk membentuk otot. Asupan karbohidrat yang cukup akan meningkatkan kemampuan tubuh menjalani aktivitas berat dengan menyuplai energi yang dibutuhkan. (AGT)

Kesimpulannya, pada dasarnya seorang remaja mengkonsumsi susu pembentuk otot itu tidak berbahaya, asalkan diimbangi dengan pola makan dan olahraga secara teratur. Jadi anda dapat berkontribusi untuk mengatur keefektivitasan dari produk susu pembentuk otot tersebut maka hasilnya tidak membahayakan bagi tubuh. Anda cukup mengkonsumsi susu pembentuk otot sesekali saja, dengan diimbangi olahraga teratur dan makan makanan sehat. Justru yang bahaya adalah jika anda membabi buta minum berliter-liter susu protein pembentuk otot karena berangan-anganmemiliki bentuk tubuh ideal tapi tidak diimbangi dengan olahraga. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here