Brucellosis

Brucellosis adalah infeksi bakteri yang menyebar dari hewan ke orang. Bakteri biasanya berasal dari susu, keju dan produk susu lainnya yang tidak dipasteurisasi. Bakteri juga dapat menyebar melalui udara atau melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Gejala brucellosis dapat berupa demam, nyeri sendi dan kelelahan. Infeksi biasanya berhasil diobati dengan antibiotik. Pengobatan membutuhkan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan dan tidak menutup kemungkinan bisa kambuh. Penyakit ini mempengaruhi ratusan ribu orang dan hewan di seluruh dunia. Menghindari produk susu yang tidak dipasteurisasi dan mengambil tindakan pencegahan ketika bekerja dengan binatang atau di laboratorium dapat membantu mencegah brucellosis.

Gejala

Gejala brucellosis mungkin akan tampak dalam beberapa hari hingga bulan setelah Anda terinfeksi. Tanda dan gejalanya mirip gejala flu seperti demam, menggigil, berkeringat, lemas, lelah, sakit kepala serta nyeri sendi, otot dan punggung. Gejala brucellosis dapat hilang dalam beberapa minggu atau bulan dan kemudian kambuh lagi. Brucellosis yang kronis ditandai dengan gejala yang bertahan hingga bertahun-tahun meski sudah diobati. Gejala brucellosis jangka panjang ditandai dengan kelelahan, demam, arthritis dan spondylitis.

Kapan harus ke dokter?

Brucellosis bisa sulit untuk diidentifikasi terutama pada tahap awal dimana tanda dan gejalanya mirip dengan kondisi lain seperti flu. Segera pergi ke dokter untuk eveluasi lebih lanjut jika Anda mengalami demam yang cepat meningkat, nyeri otot atau kelemahan yang tidak biasa dan memiliki faktor risiko untuk brucellosis atau jika Anda mengalami demam persisten.

Penyebab

Brucellosis mempengaruhi banyak hewan liar maupun domestik. Sapi, kambing, domba, babi, anjing, unta, babi hutan dan rusa sangat rentan terhadap penyakit ini. Bakteri dapat menyebar dari hewan ke orang dalam tiga cara utama:

  • Produk susumentah: BakteriBrucelladalamsusuhewanyang terinfeksidapatmenyebar ke manusiadalam susuyang tidak dipasteurisasi, es krim, mentega dankeju. Bakteri jugadapatditransmisikan melalui daging mentah atau kurang matang dari hewan yang terinfeksi.
  • Inhalasi: BakteriBrucellamenyebar dengan mudahdi udara. Petani, teknisilaboratorium danpekerja rumah jagal lebih rentan untuk menghirup bakteri.
  • Kontak langsung: Bakteridalam darah, sperma atauplasentadarihewan yang terinfeksidapatmemasuki aliran darah luka. Karenakontaknormal seperti menyentuh, menggosokatau bermain dengan hewan tidak menyebabkaninfeksi, manusia jarang terkena brucellosisdarihewan peliharaan mereka. Meski begitu, orang-orang dengansistem kekebalan yang lemahharus menghindaripenanganananjing yang diketahui berpotensi memiliki penyakit ini.

Brucellosis biasanya tidak menyebar dari orang ke orang. Tetapi dalam beberapa kasus, brucellosis dapat menyebar melalui aktivitas seksual atau melalui darah yang terkontaminasi atau transfusi sumsum tulang.

Faktor risiko

Daerah yang lebih berisiko terkena brucellosis adalah Eropa Timur, Amerika Latin, Asia, Afrika, Karibia, Timur Tengah dan sekitar Laut Mediterania. Orang-orang yang tinggal atau melakukan perjalanan ke daerah tersebut lebih cenderung untuk mengkonsumsi keju kambing yang tidak dipasteurisasi atau disebut juga keju desa. Keju kambing tidak terpasteurisasi yang diimpor dari Meksiko telah dikaitkan dengan banyak kasus brucellosis di Amerika Serikat.

Orang-orang yang bekerja dengan hewan atau bersentuhan dengan darah yang terinfeksi berisiko terkena brucellosis:

  • Dokter hewan
  • Peternak sapi perah
  • Peternak
  • Pekerja rumah jagal
  • Pemburu
  • Ahli mikrobiologi

Komplikasi

Brucellosis dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh termasuk sistem reproduksi, hati, jantung dan sistem saraf pusat. Brucellosis kronis dapat menyebabkan komplikasi pada satu organ saja atau seluruh tubuh. Kemungkinan komplikasi meliputi:

  • Infeksi padalapisan dalamjantung(endokarditis): Endokarditis adalahsalah satu komplikasiyang paling seriusdaribrucellosis. Endokarditis yang dibiarkan dapatmerusakataumenghancurkankatup jantung bahkan kematian.
  • Arthritis: Infeksi sendiditandai dengannyeri, kekakuandan bengkak padasenditerutamalutut, pinggul, pergelangan kaki, pergelangan tangandan tulang belakang. Spondylitis atau peradangan pada sendiantara tulang belakangatau antaratulang belakangdanpanggul akan sulit untuk diobati dan mungkin menyebabkan kerusakan sendi permanen.
  • Peradangan dan infeksi testis (epididymo-orchitis): Bakteriyang menyebabkanbrucellosisdapatmenginfeksiepididymis atau tubamelingkaryang menghubungkanvas deferensdantestis. Dari situlah, infeksi dapatmenyebar ketestisitu sendiri sehingga menyebabkanpembengkakandan rasa sakit yang mungkin tak tertahankan.
  • Peradangan daninfeksi padalimpa dan hati: Brucellosisjugadapatmempengaruhilimpa dan hati sehingga ukuran limpa dan hati melampaui batas normal.
  • Infeksi sistem saraf pusat: Infeksi sistem saraf pusat mencakup penyakityang berpotensimengancam nyawasepertimeningitis, radangselaputotakdan sumsum tulang belakang, danensefalitis.

Tes dan diagnosa

Dokter biasanya mengkonfirmasi diagnosis brucellosis dengan menguji sampel darah atau sumsum tulang untuk mencari keberadaan bakteri atau menguji darah untuk antibodi terhadap bakteri. Untuk membantu mendeteksi komplikasi brucellosis, Anda mungkin diminta menjalani tes tambahan seperti:

  • X-ray, untuk mengungkapkanperubahan dalamtulang dansendi.
  • Computerized tomography(CT) scan ataumagnetic resonance imaging(MRI), untuk mengidentifikasiperadangan atauabsesdi otak ataujaringan lain.
  • Kulturcairan serebrospinal, untuk memeriksasampelcairanyang mengelilingiotakdan sumsum tulang belakanguntuk infeksisepertimeningitisdanencephalitis.
  • Echocardiography, untuk memeriksatanda-tanda infeksiatau kerusakanhati melalui gambarhati yang diciptakan dengan bantuan gelombang suara.

Perawatan dan pengobatan

Pengobatan untuk brucellosis bertujuan untuk meringankan gejala, mencegah kekambuhan penyakit dan menghindari komplikasi. Anda harus minum antibiotik selama setidaknya enam minggu. Gejala mungkin tidak hilang sepenuhnya selama beberapa bulan. Penyakit ini juga dapat memburuk dan menjadi kronis.

Pencegahan

  • Hindari produk susuyang tidak dipasteurisasi: Dalam beberapa tahun terakhirdi Amerika Serikat, beberapakasusbrucellosistelah dikaitkan denganproduk susumentah dariternakdalam negeri. Namun, mungkin lebih baikuntuk menghindarisusu yang tidak dipasteurisasi, keju danes krim. Jika Anda bepergianke negara-negaralain, menghindari semuaproduk susumentah dapat mengurangi risiko brucellosis.
  • Memasak daging dengan benar: Masaklah daging hingga mencapaisuhuinternal145-165F(63-74 C). Cara memasak yang tepat dapat menghancurkanbakteri berbahayalainnya sepertisalmonelladanEscherichiacoli.
  • Memakai sarung tangan: Jika Anda seorangdokter hewan, petani, pemburu atau pekerja rumah jagal, pakailah sarung tangankaretsaat menanganihewan yang sakitataumatiatau ketikamembantukelahiran
  • Mengambil tindakan pencegahan untuk keselamatanditempat kerja yang berisiko tinggi: Jika Anda seorangpekerja laboratorium, tanganilah semuaspesimendalam kondisibiosafetyyang sesuai. Pemotongan hewanjugaharus mengikutitindakan perlindungan, sepertipemisahanlantaidari daerahpengolahan lainnyadan penggunaanpakaian pelindung.
  • Memvaksinasi hewandomestik: Di Amerika Serikat, programvaksinasiyang agresif telah terbukti dapat mengeliminasi padakawananternak. Karenavaksinbrucellosis merupakan vaksin hidup, vaksin dapat menyebabkanpenyakitpada manusia. Orang tertusuk jarum saat melakukan vaksinasi harus segera mendapatkan perawatan.