Buah-Buahan yang Cocok untuk Ibu Hamil saat Buka Puasa

SehatFresh.com – Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat, apabila memutuskan untuk menjalani ibadah puasa. Buah-buahan juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan ibu hamil. Lantas buah-buahan apa saja yang cocok dikonsumsi ibu hamil saat berbuka puasa?

Ibu hamil dianjurkan untuk memilih buah-buahan sebagai alternatif camilan dibandingkan makanan ringan. Hal tersebut karena buah-buahan mengandung banyak mineral dan vitamin, dari pada camilan lain yang mungkin saja hanya mengandung kalori.

Buah selain memiliki kandungan mineral dan vitamin juga mengandung serat yang bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan sekaligus mengurangi sembelit. Disatu  sisi beta-karoten yang terdapat pada vitamin A memiliki fungsi membantu perkembangan janin.

Sementara itu vitamin C yang terdapat dalam buah memiliki fungsi dalam membantu pertumbuhan gigi, tulang, dan kolagen dalam sistem jaringan ikat yang dimiliki bayi. Asam folat pada buah bisa mencegah  anemia dan cacat lahir pada janin. Lantas buah apa saja yang cocok dikonsumsi ibu hamil ketika puasa?

  1. Buah pisang cocok untuk ibu hamil yang sedang berpuasa

Buah pisang dianggap cocok karena memiliki banyak kandungan kalium dan kalori yang mudah diubah menjadi energi. Kalium yang terkadung dalam pisang mampu membantu menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh, sementara kalori memberikan energi. Pisang juga memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu ibu hamil dalam mencegah anemia. Kelebihan lainnya buah pisang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga cocok menjadi alternatif camilan.

  1. Buah jeruk cocok dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa

Seperti yang diketahui jika jeruk memiliki kandungan vitamin C, folat, serta serat yang cukup baik. Buah jeruk yang memiliki kandungan 80% air dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi cairan tubuh. Kandungan folat pada jeruk juga berguna membantu perkembangan sumsum tulang belakang dan otak pada janin.

  1. Buah alpukat cocok dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa

Buah alpukat memiliki kandungan kalium, vitamin B, vitamin C dan asam folat yang tinggi. Alpukat bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi morning sickness. Selain itu alpukat juga dapat membantu sistem syaraf, sistem jaringan dan perkembangan otak janin. Hanya saja alpukat memiliki kandungan lemak tinggi, sehingga juga jangan terlalu banyak dikonsumsi karena dapat mengakibatkan kenaikan berat badan ibu hamil.

  1. Buah mangga cocok dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa

Buah mangga memiliki kandungan vitamin C, kalium, serta vitamin A yang cukup tinggi. Kalium yang terkandung dalam mangga bisa membantu ibu hamil dalam menjaga cairan dan tekanan darah. Sementara itu vitamin C dapat menjadi penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Di satu sisi vitamin A berfungsi dalam membantu sistem syaraf, kekebalan tubuh, dan sistem penglihatan pada janin.

5. Buah jambu biji cocok dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, kalium, serta fosfor yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ibu hamil selama berpuasa bisa menikmati jambu biji dengan di jus atau di makan secara langsung. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY