Buah-Buahan yang Harus Dihindari saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan masa yang cukup sulit bagi seorang wanita. Pasalnya selain harus menjaga aktivitas sehari-hari, ibu hamil juga perlu mewaspadai makanan atau buah-buahan yang dapat mengganggu janin dalam kandungan.

Seperti yang diketahui jika kehamilan akan mempengaruhi kekebalan tubuh ibu hamil. Situasi tersebut bisa membuat janin rentan terserang virus, bakteri hingga senyawa berbahaya yang terdapat di dalam buah atau makanan. Lantas buah apa saja yang harus dihindari ibu hamil pada masa kehamilan?

Disarankan menghindari makan durian

Buah durian sebenarnya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun bagi ibu hamil mengkonsumsi durian secara berlebihan dapat mengakibatkan resiko yang kurang baik. Hal itu dikarenakan buah durian memiliki sifat panas di dalam perut. Durian juga mengandung kadar alkohol, sehingga dapat memberikan efek buruk bagi ibu hamil.

Buah durian juga memiliki kandungan asam arachidonat yang merupakan senyawa kimia pembentuk prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim, sehingga dapat mengakibatkan keguguran khususnya di trimester pertama atau kelahiran prematur.

Disarankan menghindari makan pepaya mentah atau setengah matang

Terlalu banyak memakan buah pepaya rupanya dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Hal tersebut khususnya pada pepaya mentah atau setengah matang yang masih banyak mengandung lateks (getah). Getah tersebut diketahui dapat memicu kontraksi rahim.

Buah pepaya perlu dihindari selama trimester ketiga dan terakhir masa kehamilan. Namun hal ini berbeda dengan buah pepaya yang benar-benar telah matang. Asal kulitnya dikupas dan dicuci bersih, buah pepaya matang bisa dikonsumsi.

Pepaya yang benar-benar matang memiliki banyak gizi seperti mineral, vitamin C, serat dan nutrisi lainnya. Kandungan tersebut dapat mencegah timbulnya problem kehamilan seperti sembelit atau mulas. Pepaya matang yang dicampur dengan susu atau madu juga merupakan tonik yang baik bagi ibu hamil, khususnya pada masa menyusui.

Disarankan menghindari makan nanas.

Nanas merupakan buah yang harus dihindari ibu hamil. Nanas yang mengandung bromelain, bisa mengakibatkan pelunakan pada leher rahim. Hal tersebut bisa mengarah pada persalinan dini atau prematur. Ibu hamil yang mengkonsumsi buah nanas dapat mempengaruhi persalinan, khususnya pada trimester pertama. Konsumsi nanas dapat diganti dengan buah lain yang lebih aman.

Disarankan menghindari konsumsi buah yang belum dicuci.

Buah-buahan sebenarnya menjadi menu penting bagi ibu hamil karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Namun secara umum, ibu hamil perlu menghindari pengkonsumsian buah yang tidak dicuci. Pasalnya kulit buah yang tak dicuci, dimungkinkan menyimpan sisa-sisa pestisida yang sangat membahayakan kondisi ibu hamil. Ibu hamil perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah, agar kesehatan kandungan dan janin tetap terjaga. (APT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY