Buah dan Sayuran Sumber Vitamin E

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin E adalah salah satu vitamin esensial yang asupannya perlu dicukupi dari makanan sehari-hari. Kebutuhan vitamin E harian rata-rata 15 mg. Lebih dari sekedar meningkatkan kesuburan, asupan vitamin yang memadai penting untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung, kanker, hingga degenerasi makula. Vitamin E juga merupakan nutrisi penunjang untuk wanita yang ingin memiliki kulit sehat dan awet muda. Meski suplemen vitamin E banyak tersedia di pasaran, asupan dari sumber alami tentunya lebih baik dan mengurangi risiko kelebihan dosis vitamin E. Pasalnya, kelebihan vitamin E bisa menyebabkan pendarahan dan gagal jantung kongestif.

Kebanyakan orang tahu bahwa vitamin E terkandung dalam biji-bijian, terutama biji bunga matahari, atau kacang-kacangan, khususnya almond. Ya, satu cangkir biji bunga matahari menyediakan 46 mg vitamin E dan secangkir almond 37 mg. Keduanya bisa memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian. Namun, selain dari biji bunga matahari atau almond, asupan vitamin E juga dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Agar pola makan harian Anda bervariasi, berikut adalah buah dan sayur sumber vitamin E yang dapat ditambahkan ke dalam pola makan harian Anda:

  • Alpukat

Alpukat seringkali direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet. Ya, buah bertekstur lembut ini memang kaya nutrisi dan kaya akan kandungan asam lemak esensial. Kandungan vitamin E di dalamnya juga cukup tinggi di mana satu buah alpukat menyumbang sekitar 20 persen kebutuhan vitamin E harian.

  • Kiwi

Kiwi tak hanya memiliki sifat antioksidan dari vitamin C, tapi juga vitamin E. Kandungan vitamin E dalam satu buah kiwi sekitar 1 mg.

  • Mangga

Mangga memiliki manfaat antioksidan. Manfaat tersebut salah satunya ditawarkan dari kandungan vitamin E di dalamnya. Rata-rata, satu buah mangga menyumbang 2 mg lebih vitamin E.

  • Brokoli

Asupan vitamin E harian juga dapat Anda peroleh dari brokoli. Dalam satu cangkir brokoli yang telah dipotong-potong, terdapat sekitar 2 mg kandungan vitamin E.

  • Bayam

Setiap helai daun bayam kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral penting. Salah satunya vitamin E. Dalam setengah cangkir bayam yang telah dimasak, Anda memperoleh asupan sekitar 3 mg.

  • Kale

100 gram kale menyumbang asupan vitamin E sekitar 0,85 mg. Meski jumlahnya sedikit, namun sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin dan mineral esensial lain. Diantaranya vitamin A, vitamin D, kalsium, dan magnesium.

Itulah beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin E. Dengan mengonsumsi makanan bervariasi, kebutuhan vitamin E dan nutrisi penting lainnya dapat tercukupi tanpa harus mengonsumsi suplemen. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here