Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika seseorang mengalami gangguan diabetes, maka ia akan menemukan berbagai masalah pada makanan maupun minuman yang dikonsumsinya. Makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk menjaga kadar glukosa darah agar tetap seimbang dan terkendali, khusus bagi penderita diabetes ini berarti ia diharuskan makan makanan yang rendah gula, garam dan lemak. Adapun buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes antar lain:

  1. Apel merah

Buah apel merah mengandung antioksidan yang tinggi, membantu mengurangi kadar kolesterol, membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk banyak nutrisi dalam tubuh. Bukan hanya baik bagi penderita diabetes, semua orang juga baik mengonsumsi buah ini.

2. Jeruk

Buah jeruk tinggi akan vitamin C dan folat sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan bantu melawan penyakit. Jeruk aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena mengandung hanya 12 gram gula yang dapat dicerna. Buah jeruk bisa dijadikan selingan ngemil atau dikonsumsi sesudah makan. Rasanya manis, membuat Anda dapat tetap berenergi tanpa ada lonjakan gula terlalu tinggi.

  1. Semangka

Indeks glikemik semangka sangatlah rendah, yang membuat mereka baik untuk pasien diabetes. Tetapi, pastikan bahwa Anda mengonsumsi buah ini dalam jumlah terbatas atau tidak berlebihan.

  1. Melon

Kandungan kalium pada buah melon bisa membantu menurunkan tekanan darah yang mengakibatkan resistensi insulin dan kandungan zat tembaga pada buah ini juga bisa membantu memperbaiki sel-sel jaringan pada pankreas yang akan menyuplai kebutuhan insulin untuk mengontrol gula darah.

  1. Buah naga

Buah naga ini telah teruji untuk penderita diabetes karena kandungan gula yang sangat rendah pada buah ini. Kandungan lain dalam buah naga ini penuh nutrisi yang bisa membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pada penderita diabetes yang aman.

  1. Aprikot

Buah aprikot adalah salah satu jenis buah yang dapat dimanfaatkan oleh para penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol gula darah. Kandungan serat pada buah ini dapat membantu mengontrol pelepasan gula dalam aliran darah serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon insulin yang natinya akan membantu mengontrol gula darah.

  1. Belimbing

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat yang mampu menyera glukosa, menunda penyebaran glukosa, serta dapat menunda pelepasan glukosa dari pati. Sehingga dapat membantu menurunkan gula darah. Akan tetapi bagi pasien komplikasi nefropati, sebaiknya menghindari buah belimbing.

  1. Mangga

Kandungan polifenol dalam buah ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin A, C serta B6 dan serat yang sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Alpukat

Buah alpukat memiliki tekstur yang lembut dan rasa enak. Disebut sebagai makanan super, buah alpukat ini mengandung vitamin E dan lemak omega 3 di antara nutrisi lainnya. Tak hanya itu, buah alpukat juga bebas gula. Anda dapat menikmati buah alpukat dengan paduan salad dan jangan menikmati buah alpukat dengan tambahan gula pasir atau susu kental manis yang tinggi gula. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here