Buah Yang Baik Untuk Buka Puasa

SehatFresh.com – Selama berpuasa, tubuh tidak cukup mendapatkan energi sehingga harus menghancurkan lemak untuk diubah menjadi energi. Konsumsi makanan sehat yang kaya serat dan banyak minum air putih saat berbuka dapat membuat stamina tetap terjaga dan tidak mudah lemas. Selain menu utama, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Mengapa buah? Karena buah-buahan jauh lebih menyehatkan dan lebih nutrisi yang terkandung jika dibandingkan dengan kudapan lainnya. Buah-buahan memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Saat waktu berbuka tiba, meneguk segelas jus buah atau mengonsumsi buah segar mampu meningkatkan kadar gula agar tubuh kembali bertenaga. Namun, ketika diolah menjadi jus, sebaiknya tidak diberi tambahan gula.

Buah apa saja yang cocok untuk berbuka puasa? Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk dijadikan pembuka menu buka puasa Anda:

Kurma
Kurma merupakan buah yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi setelah berpuasa seharian penuh. Kurma dapat menetralkan kondisi perut Anda yang kosong setelah seharian tidak mengkonsumsi apa-apa saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi kurma saat buka puasa, perut Anda tidak akan merasa kaget lagi ketika harus berkontraksi dengan makanan lain.

Pisang
Pisang mengandung vitamin A, kalium, natrium, dan mineral yang baik untuk relaksasi otot. Pisang juga mengandung karbohidrat yang tersusun dari zat pati dan zat gula, yang mana kedua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Blewah
Blewah memiliki tingkat hidrasi 89 persen. Mengonsumsi blewah dapat dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kandungan air yang tinggi pada buah ini membantu mengatasi dehidrasi karena 13-14 jam tidak mendapat asupan cairan. Blewah juga mengandung zat gula alami yang dibutuhkan untuk memulihkan tenaga saat berbuka puasa. Mengonsumsi blewah saat berbuka sangat baik untuk meningkatkan stamina setelah berpuasa.

Pepaya
Pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain kaya akan vitamin A, C, E, folat, dan kalium, pepaya juga mengandung enzim yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Mangga
Buah mangga kaya akan kandungan air dan serat sehingga dapat cepat mengembalikan cairan dalam tubuh Anda setelah anda berpuasa seharian. Selain bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh, buah mangga juga mengandung zat kalium yang bermanfaat mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah Anda saat berpuasa. Untuk orang yang sedang berpuasa, minum jus buah mangga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Melon
150 gram irisan melon dapat memenuhi sekitar 35% kebutuhan vitamin C dan thiamine, niacine, panthothenic acid, folat dan juga vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Melon baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

Semangka
Semangka merupakan salah satu buah favorit untuk dijadikan menu buah saat berbuka puasa. Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air dengan tingkat hidrasi 92 persen sehingga sangat efektif untuk mencegah dehidrasi. Semangka juga mengandung banyak mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potassium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kelapa
Air kelapa memiliki kadar hidrasi hingga 95 % sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa juga mengandung natrium serta elektrolit yang berfungsi untuk mencegah rasa dehidrasi yang sangat tepat untuk tubuh.

Buah berry
Strawberry merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi dengan kadar hidrasi mencapai 92 persen air. Selain strawberry, raspberry dan blueberry juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Selain mengandung air, buah berry juga mengandung vitamin C yang baik untuk membersihkan arteri dan mengatur kadar gula dalam darah.

Apel
Apel kaya akan kandungan serat alami yang disebut dengan pektin serta memiliki kandungan antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol. Kedua nutrisi utama dalam buah apel tersebut sangat baik untuk menjaga organ-organ pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tentunya sangat dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa.

Sumber gambar : lensakoe.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY