Buah yang Banyak Terdapat di Bulan Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sejumlah buah ada yang bersifat musiman. Maksudnya, hanya tumbuh atau mudah ditemui pada saat-saat tertentu. Nah, kalau saat bulan Ramadhan, buah apa yang makin mudah ditemui? Mungkin, jawaban Anda terdapat pada penjelasan di bawah ini.

  • Kurma

Bisa jadi jawaban Anda ada di peringkat pertama daftar ini. Ya, apalagi kalau bukan kurma. Selain rasanya enak, kurma sangat kaya akan kandungan gula yang berbentuk glukosa dan fruktosa. Kandungan gula ini sangat bermanfaat untuk menambah pasokan energi bagi tubuh setelah menjalani puasa seharian.

  • Blewah

Blewah sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan mirip dengan melon. Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Blewah mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh Anda. Selain itu, blewah juga mudah dicerna dan bermanfaat mengatasi rasa mual karena stres.

  • Timun suri

Banyak orang yang ingin makan timun suri pada saat berbuka puasa karena buah ini bisa membuat badan menjadi lebih segar. Manfaat lainnya dari timun suri antara lain ialah melancarkan pencernaan. Buah timun suri memiliki daging buah yang kaya dengan serat larut. Ini adalah jenis serat yang dibutuhkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat dari timun suri juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit pencernaan, seperti sembelit dan kanker usus. Timun suri juga banyak mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah infeksi karena bakteri, virus, dan kuman. Tak hanya itu, timun suri juga mengandung zat gula yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Sumber gula ini didapatkan secara alami sehingga tidak akan menambah kadar gula dan bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Timun suri juga berkhasiat menurunkan kolesterol dan risiko kanker. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi dalam timun suri ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

  • Kelapa

Minuman segar sangat diburu masyarakat untuk berbuka puasa. Salah satunya air kelapa. Jadi, jangan heran kalau penjualan kelapa di bulan puasa meningkat karena masyarakat banyak yang membutuhkan buah kelapa untuk dijadikan minuman segar beserta daging kelapa yang enak juga.

  • Melon

Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan risiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama untuk melawan penyakit kanker. Tambah pula, buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim yang parah. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here