Buka Puasa dengan Gorengan dapat Sebabkan Radang Tenggorokan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gorengan menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa bagi orang Indonesia. Dalam melakukan ibadah puasa ini, sebaiknya masyarakat mulai mengurangi konsumsi goreng-gorengan. Gorengan dinilai memiliki sedikit nilai gizi serta mempunyai resiko yang dapat menyebabkan radang tenggorokan jika terlalu banyak dimakan.

Seberapa cepat makanan tersebut dapat menyebabkan sakit atau radang tergantung dengan ketahanan tubuh masing-masing individu. Tidak ada patokan kapan gorengan dapat menyebabkan peradangan karena ini tergantung pola badan. Radang ini akan menyebabkan gangguan menelan, biasanya akan terasa nyeri.

Gejala lain seperti bau mulut, batuk serta demam sering mengiringi radang tenggorokan. Perlu penanganan secara tuntas untuk menghilangkan radang tenggorokan ini yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Obat semprot

Menyemprotkan cairan obat khusus tenggorokan juga bisa membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Meski demikian efeknya hanya sementara dan tidak bisa menyembuhkan.

  1. Obat batuk sirup

Walau Anda belum menderita batuk, tetapi obat batuk sirup yang dijual bebas cukup efektif mengurangi radang tenggorokan.

  1. Anti-inflamasi

Salah satu obat antiradang yang cukup efektif adalah obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, piroxicam, dan sebagainya. Obat ini merupakan kombinasi antara pereda nyeri dan antiradang sehingga efektif mengurangi pembengkakan di tenggorokan.

4. Air perasan lemon

Kandungan astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan. Berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan. Caranya yaitu campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

Gaya hidup sehat juga penting untuk kesembuhan radang, diantaranya yaitu:

  • Perbanyak minum air putih, terutama air hangat
  • Diet rendah lemak
  • Hindari makanan-makanan yang berminyak, makanan terlalu pedas, asam, dan makanan yang memiliki pengawet/pemanis/pewarna buatan.
  • Hindari konsumsi kafein, minuman mengandung pemanis buatan, dan minuman bersoda.
  • Mengonsumsi bahan-bahan alami seperti madu, lemon, dan jahe dapat mengurangi radang sekaligus batuk yang ada.
  • Hindari rokok dan alkohol. (KKM).

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here