Bumil Mengalami Gangguan Kulit Saat Hamil

Ada pertanyaan lagi tenteng kehamilan nihh. “Malam dok. Saya Bumil 6 bulan, sejak hamil 5 bulan saya mengalami sakit gatal – gatal kulit kaki dan sekarang menyebar sampai ke badan dan tangan. Saya merasakan ada yang berjalan di kaki dan tangan. Saya garuk sampai berdarah. Bagaimana cara untuk mengatasinya dok, terima kasih.”

 Jawaban :

Saat hamil, Bumil akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh. Selain akan lebih sensitif terhadap aroma dan mood yang naik turun, beberapa Bumil juga akan mengalami gangguan kulit saat hamil.

Gejala gatal
Gatal atau pruritus merupakan masalah yang sangat umum terjadi. Gatal yang dirasakan bisa disebabkan masalah yang ringan atau dapat pula merupakan suatu tanda adanya penyakit dalam tubuh.  Gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi jamur, bakteri ataupun virus, kulit kering, gangguan saraf, infeksi skabies (dikenal sebagai kurap) dll.

Beberapa hal yang dalam kondisi normal sering menyebabkan  gatal, misalnya kulit kering, akan membuat rasa lebih gatal saat hamil. Penyakit kulit eksim juga cenderung memburuk selama berbadan dua, walau sebagian wanita justru merasa kondisi kulitnya lebih baik selama hamil.

Gejala utamanya adalah gatal yang bersifat umum dan berat, artinya mengenai hampir seluruh tubuh Bumil hamil, biasanya tidak ada ruam, paling sering terjadi pada empat bulan terakhir kehamilan. Gatal juga bisa berdominan di telapak tangan dan telapak kaki.

Gatal karena hormonal saat hamil

Namun gatal juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon pada saat wanita hamil. Gatal yang dialami oleh wanita hamil terjadi akibat perubahan hormon yang drastis di tubuh seorang wanita. Perubahan hormonal yaitu peningkatan kadar estrogen  yang dialami Bumil hamil dapat menimbulkan berbagai gangguan, antara lain gatal-gatal pada kulit. Sekitar 40% Bumil hamil mengalami gangguan kulit ini dan biasanya kondisi tersebut akan menghilang setelah persalinan.       Gatal dapat terjadi pada bagian perut, lengan, paha dan payudara.

Selain itu ada bebagai masalah kulit yang bisa berkembang saat hamil seperti :

  • Gatal-gatal disertai bentol-bentol yang dapat terjai di bagian paha dan perut bagia atas atau dikenal sebagai Papula urtikaria.
  • Gatal dan ruam yang terdapat pada lengan, kaki, dan tubuh bagian atas saat hamil. (Prurigo gestationis)
  • Gangguan hati saat kehamilan yang menyebabkan terjadinya gatal namun tidak disertai dengan ruam (Kolestatik obstetrik)

Mengatasi gatal

Gatal ringan saat hamil terutama yang disebabkan akibat kondisi kulit yang kering dan teregang., bisanya tidak berbahaya bagi Bumil ataupun bayinya, tapi terkadang bisa menjadi kondisi yang lebih serius. Sebaiknya hindari menggaruk bagian yang gatal apalagi hingga berdarah. Ada baiknya anda hanya mengelus bagian yang gatal agar tidak menimbulkan luka dan infeksi sekunder.

Menurut dr Prima Progestian, SpOG -dokter kandungan yang berpraktek di Jakarta-, berikut beberapa solusi yang bisa Bumil lakukan di rumah untuk mengurangi rasa gatal saat hamil :

  1. Menjaga kebersihan tempat tinggal dari debu, tungau/kutu dan serangga.
  2. Menjaga kebersihan diri dengan mandi 2 kali sehari. Hindari mandi air hangat karena dapat membuat kulit semakin kering dan rasa gatal bertambah.
  3. Gunakan sabun yang lembut dan tanpa pewangi karena bisa menyebabkan iritasi.
  4. Pakailah pakaian yang longgar dan berbahan katun yang menyerap keringat. Mengganti baju 2 kali sehari.
  5. Hindari makanan, minuman atau unsur apapun yang menyebabkan alergi/gatal semakin parah.
  6. Cukup banyak minum air putih serta buah dan sayuran yang mengandung banyak air.
  7. Gunakan pelembab yang tidak mengandung pewangi.
  8. Cobalah mengompres bagian kulit yang gatal dengan handuk basah.
  9. Jika rasa gatal sangat serius, segera periksa ke dokter.

Untuk mendapatkan pengobatan terhadap gangguan kulit yang sesuai sebaiknya Bumil berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit,agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai mengingat Anda sedang hamil dan tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat.

Sumber gambar : blog.angsamerah.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY