Camilan Khas Asal Sunda di Bulan Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jajanan atau camilan tertentu makin mudah ditemui saat bulan Ramadhan tiba. Tidak sedikit orang yang mencarinya untuk dijadikan menu berbuka puasa. Berbicara soal camilan, daerah Sunda memiliki beberapa yang terkenal enak, lho! Apa sajakah itu?

  • Kerupuk ojay

Dikenal dengan nama lain kerupuk mie oncom, camilan ini tenar di tanah parahyangan dari dahulu sampai sekarang. Uniknya, kerupuk ojay ini akan menguat pamornya pada saat tertentu, yaitu saat bulan Ramadhan. Banyak orang memburunya untuk disantap saat berbuka puasa tiba. Kerupuk kuning berdiameter sekitar 10 sampai 15 cm ini dicelupkan atau direndam dalam kuah pedas oncom sampai lembek dan kuahnya meresap. Setelah itu, baru makin nikmat dicicipi.

  • Mie glosor

Setiap bulan Ramadhan tiba, mie glosor selalu menjadi menu takjil berbuka puasa di kota Bogor. Ramadhan di kota itu identik dengan mie glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini. Mie glosor menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan tambahan kunyit untuk membuat warnanya menjadi lebih kuning. Mie glosor biasanya disajikan bersama sambal kacang yang pedas yang diguyurkan di atas mie. Gorengan, seperti bakwan dan tempe, adalah pendamping favorit mie glosor.

  • Kue awug

Awug adalah jajanan khas Sunda yang terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus bersama gula merah. Bentuknya seperti gunung berapi yang runcing di bagian puncak. Ini karena awug dibuat dengan memakai cetakan berbentuk kerucut. Saat matang, terlihat jelas lapisan-lapisan gula dan tepung yang menciptakan motif cantik. Biasanya, awug disantap dengan taburan kelapa.

  • Combro

Asal nama combro sendiri berawal dari singkatan ‘oncom di jero’ yang artinya ‘oncom di dalam’. Makanan ini berisi oncom dan terbuat dari singkong, diolah dengan bumbu yang pedas lalu digoreng. Rasanya cukup pedas, namun lezat. Tak hanya lezat, combro juga kaya akan protein, vitamin, dan karbohidrat.

  • Kue mochi

Kenikmatan kue mochi tidak usah diragukan lagi. Saat digigit, rasa kenyal sekaligus manis akan memanjakan Anda dan membuat ketagihan. Selain itu, ada banyak aneka rasa dari kue mochi, seperti kacang, cokelat, pisang, keju dan lain-lain.

  • Cendol

Kalau urusan minuman asal Sunda, maka cendol patut dikedepankan. Cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan gula merah, santan, dan es batu yang diserut sebagai pelengkap. Warna hijau dari cendol berasal dari daun pandan. Rasanya yang manis menyegarkan, membuat cendol laku keras di bulan Ramadhan. Minuman ini memang pas untuk disajikan saat berbuka puasa. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here