Camilan Lezat nan Nikmat Asal Kalimantan Khas Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kalimantan tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotik. Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini juga memiliki beragam kuliner khas yang lezat. Beberapa di antaranya hanya muncul di bulan Ramadhan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak sejumlah camilan khas Kalimantan tersebut.

  • Bingka

Sebenarnya, kue bingka termasuk oleh-oleh khas di Banjarmasin atau Pontianak dan bisa ditemui sehari-hari. Kue bingka biasa dibuat dalam bentuk bunga berkelopak. Untuk varian toping, kue ini memiliki macam-macam toping, contohnya nangka, pisang, cokelat, keju dan lain-lain. Bahan utama pembuatan kue bingka ini adalah tepung terigu, santan, gula pasir, dan garam. Di daerah asalnya, suku Banjar biasa menyantap kue ini sebagai hidangan berbuka puasa.

  • Ipau

Kalau kuliner yang ini lebih banyak ditemui saat bulan Ramadhan. Namanya adalah ipau. Ipau adalah kue berbahan dasar tepung yang berasal dari Arab. Bentuknya berlapis-lapis, sekilas mirip seperti lasagna. Setiap lapisan kue ipau biasanya berisi sayuran-sayuran, seperti wortel dan beberapa sayuran hijau. Nah, yang membuatnya lebih enak adalah kuah santan yang dituang di atasnya.

  • Pisang goreng

Identik dengan kue bingka, pisang goreng asal Pontianak ini lazim ditemui sehari-hari. Tapi, ya orang Indonesia memang banyak yang menyukai gorengan untuk berbuka puasa. Apalagi gorengan tersebut ialah pisang goreng pontianak. Yang membedakan pisang ini dengan pisang goreng biasa adalah kremes yang membalutnya. Rasanya sangat renyah karena terbuat dari bahan dasar pisang kepok yang dilapisi tepung terigu, telur serta berbentuk kipas.

  • Sotong pangkong

Makanan khas bulan puasa di Pontianak ini berbahan dasar cumi-cumi. Cumi-cumi ini dikeringkan sebelum kemudian dibakar. Setelah dibakar, cumi dipukul-pukul menggunakan palu. Nah, inilah yang menjadikan makanan ini unik karena ada prosesi memalu cumi yang membuat cumi ini menjadi gepeng atau tipis. Untuk rasa, sotong ini memiliki rasa yang gurih.

  • Amaparan tatak

Kue amaparan tatak begitu familiar di Kalimantan Selatan. Amparan tatak merupakan kue berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan santan dan daun pandan juga dipadukan dengan buah pisang tanduk sehingga menghasilkan citarasa manis dan enak.

  • Bubur samin

Bubur samin atau bubur banjar sendiri merupakan sajian khas dari Martapura, Kalimantan Selatan. Bahan pembuat bubur samin antara lain beras, rempah-rempah, daging sapi, santan kelapa, susu, dan bumbu lainnya dimasukkan satu per satu ke dandang. Proses untuk memasak bubur khas Banjar tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama. Namun, rasanya sepadan. Gurih dan nikmat. Pas untuk menu berbuka puasa. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY