Campak

Campak (rubeola) adalah infeksi masa kanak-kanak yang disebabkan oleh virus. Setelah cukup umum, saat ini campak sudah dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak meliputi batuk, pilek, mata meradang, sakit tenggorokan, demam dan ruam kulit yang disertai benjolan. Campak dapat menjadi serius dan bahkan fatal bagi anak-anak kecil. Meski angka kematian karena campak semakin menurun, penyakit ini masih membunuh lebih dari 100.000 orang per tahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Gejala

Tanda dan gejala campak muncul antara hari ke 10 sampai 14 hari setelah terpapar virus. Tanda dan gejala campak biasanya meliputi demam, batuk kering, hidung meler, mata meradang, sakit tenggorokan, demam dan ruam kulit yang disertai benjolan.

Infeksi terjadi pada tahap berurutan selama dua sampai tiga minggu.

  • Infeksi daninkubasi: Pada hari ke 10 hingga 14 setelah terpapar virus, viruscampakmengalami masa inkubasi. Pada tahap ini, tanda dan gejala mungkin belum tampak.
  • Tanda dan gejala tidak spesifik: Campak biasanya dimulai dengan demam ringan hingga sedang yang disertai dengan batuk terus-menerus, pilek, mata meradang (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan. Penyakit yang relatif ringan ini bisa berlangsung dua atau tiga hari.
  • Penyakit akutdanruam: Ruamterdiri daribintik-bintik merahkecil, beberapa di antaranyasedikit terangkat. Bintik-bintik danbenjolan membuat tampilan kulit menjadi bernoda merah. Pertama ruam biasanya menyerang wajah terutamadi belakang telingadandi sepanjanggaris rambut. Selama beberapahari ke depan, ruammenyebarkelengan, kemudian paha, betisdan kaki. Pada saat yang sama, demammeningkat pesat mencapai 104-105,8F(40-41 C). Ruam akan berkurang secara perlahan, memudarpertamadariwajahdan terakhirdaripahadan kaki.
  • Periodemenular: Penderitacampakdapatmenyebarkan virus keorang lainselama sekitar delapanhari, mulai empat harisebelum ruam munculdanberakhir ketikaruamtelah terjadi selama empat hari.

Kapan harus ke dokter?

Segera pergi ke dokter jika Anda berpikir Anda atau anak Anda mungkin telah terkena campak atau memiliki ruam yang menyerupai campak. Periksa catatan imunisasi keluarga Anda dengan dokter, terutama sebelum memulai sekolah dasar, sebelum kuliah dan sebelum perjalanan internasional.

Penyebab

Penyebab campak adalah virus yang mereplikasi dalam hidung dan tenggorokan dari anak yang terinfeksi atau orang dewasa. Ketika penderita campak batuk, bersin atau berbicara, tetesan virus dapat tersebar di udara dan dihirup orang lain. Tetesan yang terinfeksi juga dapat mendarat di permukaan, di mana virus tersebut tetap aktif dan menular selama beberapa jam. Virus dapat menular melalui sentuhan tangan ke mulut atau hidung atau ketika Anda menggosok mata setelah menyentuh permukaan yang terinfeksi.

Faktor risiko

  • Tidak pernah mendapatkan vaksinasi: Jika Anda belum pernah menerima vaksin campak, Anda lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ini.
  • Perjalanan internasional: Jika Anda bepergian kenegara-negara berkembangdi manacampaklebih umum, Anda berisikolebih tinggi terserang penyakit tersebut.
  • Kekurangan vitamin: Jika Anda tidak mendapat asupan vitamin A yang cukup, Anda akan lebih mudah terserang campak dan mengalami gejala yang lebih parah.

Komplikasi

  • Infeksi telinga: Salah satukomplikasi yang paling umumdaripenyakit campakadalah infeksi bakteri pada telinga.
  • Bronkitis, radang tenggorokanatausesak napas: Campakdapat menyebabkanperadangankotaksuara(laring) atauperadangan pada bagian dinding yang melapisilorongudarautamaparu-paru(tabung bronkus).
  • Pneumonia: Pneumoniaadalah komplikasi umumcampak. Orang dengansistemkekebalan tubuh yang lemah dapatmengembangkanberbagai bentuk pneumonia yang sangat berbahaya dan fatal.
  • Ensefalitis: Sekitar 1 dari000orangdengancampakmengembangkan ensefalitis yaitu radangotak yangdapat menyebabkanmuntah, kejang, dan, jarang, komaatau bahkan kematian. Ensefalitis dapat terjadi setelah campak, atau dapat terjadi beberapa bulan kemudian.
  • Masalah kehamilan: Jika Anda hamil, Anda perlu waspada terhadap campak karena penyakit ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur atau berat badan lahir yang rendah.
  • Jumlah trombosit yang rendah(trombositopenia): Campakdapat menyebabkanpenurunansel darahyang penting untukpembekuan darah (trombosit).

Tes dan diagnosa

Dokter biasanya bisa mendiagnosa penyakit campak berdasarkan karakteristik ruam pada lapisan dalam pipi. Jika perlu, tes darah dapat mengkonfirmasi apakah ruam benar-benar mengindikasikan campak.

Perawatan dan pengobatan

Tidak ada obat yang ditetapkan dapat mengobati campak. Namun, beberapa langkah dapat diambil untuk melindungi individu yang rentan terkena virus:

  • Vaksinasipasca-paparan: Orangyang belum pernah diimunisasi sepertibayi, dapat diberikanvaksinasicampakdalam waktu 72jamdaripaparanviruscampakuntuk memberikanperlindungan terhadappenyakit. Jikacampakmasihberkembang, penyakit biasanyamemilikigejala ringandan berlangsunguntukwaktu yang lebih singkat.
  • Immune serum globulin: Wanita hamil, bayi danorang dengan sistemkekebalan yang lemahyangterkena virusdapat menerimasuntikanprotein(antibodi) yang disebut immune serum globulin. Biladiberikandalam waktu enamharidaripaparanvirus, antibodi inidapat mencegahcampakatau membuatgejala menjadi lebih ringan.

Obat-obatan

  • Pereda demam: Anda atau anak Andajuga dapat mengambilobat-obatan sepertiacetaminophen(Tylenol) ibuprofen(Advil, Motrin) ataunaproxen(Aleve) untuk membantumeringankandemamyang menyertaicampak. Hati-hati saat memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak lebih tua dari usia 3, anak-anak dan remaja yang baru pulih dari cacar air atau flu seperti gejala tidak boleh minum aspirin. Hal ini karena aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, suatu kondisi yang jarang namun berpotensi mengancam jiwa pada anak-anak tersebut.
  • Antibiotik: Jika infeksi bakteri seperti pneumonia atau infeksi telinga berkembang ketika Anda atau anak Anda memiliki campak, dokter mungkin meresepkan antibiotik.
  • Vitamin A: Orang yang kekurangan asupan vitamin A lebih mungkin mengalami kasus campak yang parah. Pemberian vitamin A dapat mengurangi keparahan penyakit campak. Vitamin A umumnya diberikan dalam dosis besar 000 unit internasional (IU) selama dua hari.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Jika Anda atau anak Anda memiliki campak, pastikan Anda atau anak Anda berada di bawah pemantauan dokter. Hal-hal di bawah ini mungkin dapat Anda lakukan untuk membantu mengendalikan kondisi:

  • Beristirahat dan menghindari aktifitas berat.
  • Meminum banyak air, jus buah atau teh herbal untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena demam dan keringat.
  • Jika Anda atau anak Anda terganggu dengan cahaya yang terang, maka buatlah ruangan sedikit redup atau gunakan kacamata hitam. Hindari juga membacaatau menonton televisijikacahaya darilampu bacaatau daritelevisi sangat mengganggu.

Pencegahan

Jika di rumah Anda ada yang mengalami campak, maka Anda perlu mengambil langkah pencegahan agar anggota keluarga lain tidak tertular.

  • Isolasi: Karena campak sangat menular dari sekitar empat hari sebelum sampai empat hari setelah ruam pecah, orang dengan campak tidak harus kembali ke kegiatan di mana mereka berinteraksi dengan orang lain selama periode ini. Dalam hal ini mungkin Anda perlu menjauhkan orang yang belum pernah diimunisasi dari penderita.
  • Vaksinasi: Pastikanbahwasiapa saja yangberisiko terkenacampakyangbelumdivaksinasisepenuhnyamenerimavaksincampaksesegera mungkin. Orang-orang tersebut antara lain orangyang lahirsetelah1957yangbelumdivaksinasisertabayi yang lebihdari 6 bulan.