Cara Agar Anak Tenang dan Nyaman saat Suntik Imunisasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tangisan anak kerap terdengar kala ia menjalani suntik imunisasi. Wajar saja, umumnya anak kecil merasa takut bila harus menghadapi jarum suntik. Meski begitu, hal ini bukan berarti tak bisa diperbaiki. Sejumlah cara bisa dilakukan agar anak tenang dan nyaman saat suntik imunisasi.

Sebelum membawa anak untuk imunisasi, ada baiknya Anda memperhatikan kalender imunisasi sesuai pertumbuhan si buah hati. Hal ini berguna karena jenis imunisasi tergantung pada usia anak. Persiapan lainnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan dokumen dan pertanyaan untuk diajukan kepada dokter atau bidan mengenai pertumbuhan anak.

Nah, kini giliran berfokus pada anak Anda. Beberapa cara bisa Anda lakukan agar anak tenang dan nyaman menjelang, saat, dan sesudah disuntik imunisasi seperti di bawah ini:

  • Katakan apa adanya pada si kecil. Bersikap jujur adalah yang terpenting. Hindari mengatakan bahwa tusukan jarum saat vaksinasi tidak menyakitkan. Akan menyejukkan si buah hati bila Anda menyampaikan kalau disuntik itu seperti digigit nyamuk dan terjadi cukup singkat.
  • Berikan informasi. Sampaikan informasi tentang alasan vaksinasi. Anda tak perlu mengutarakan istilah medis, namun kata-kata sederhana yang bisa dimengerti olehnya.
  • Carilah dukungan. Carilah anggota keluarga lain atau saudara yang pernah diimunisasi sebelumnya. Anda bisa meminta mereka untuk menceritakan bagaimana proses imunisasi berlangsung.
  • Bawa makanan atau mainan favoritnya. Siapkan makanan atau mainan favorit anak Anda untuk mengalihkan perhatian si kecil saat proses imunisasi nanti.
  • Jangan panik. Sebelum menenangkan anak Anda, kendalikan diri Anda terlebih dahulu untuk tenang. Banyak orangtua yang ikut panik karena anaknya akan disuntik. Ini sebenarnya tidak membantu. Bila Anda terlihat panik atau cemas, anak Anda akan menyadarinya dan ini bisa memicu dirinya ikut panik pula.
  • Berikan pelukan. Peluk si buah hati saat tiba waktunya untuk disuntik. Pelukan lembut akan membuat anak Anda merasa lebih tenang dan nyaman.
  • Tunjukkan senyum. Senyuman akan menenangkan si kecl. Usahakan pula lakukan kontak mata dengannya agar ia tidak melihat ke arah jarum suntik.
  • Alihkan perhatiannya. Alihkan perhatian anak Anda sesaat dan selama imunisasi berlangsung dengan memberikan mainan atau makanan favoritnya.
  • Gendonglah. Jika anak Anda masih bayi atau Anda masih mampu menggendongnya, maka lakukanlah untuk menenangkan si kecil sesaat setelah imunisasi.
  • Lontarkan pujian. Setelah disuntik, si kecil bisa saja masih menangis karena ketakutan atau kesakitan. Alih-alih menyuruhnya diam, berikan pujian yang membuatnya bangga. Anda, misalnya, bisa mengatakan bangga kepada si kecil karena berani melakukan imunisasi. Sebuah penguatan positif dapat membuat imunisasi berikutnya lebih mudah.

Anak yang tidak nyaman saat hendak menjalani imunisasi bisa membuat prosesnya terhambat. Bukan tak mungkin, anak Anda akan fobia terhadap suntikan jika hal ini terus berlangsung. Di sinilah, peran aktif orangtua sebelum, selama, dan setelah vaksinasi berlangsung. Ketenangan orangtua dan langkah-langkah tepat yang dilakukan membantu anak lebih tenang ketika menghadapi jarum suntik. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY