Cara Agar Anak Tidak Ngantuk di Sekolah saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalankan ibadah puasa memiliki banyak kendala dan godaan. Salah satu kendala saat berpuasa adalah rasa ngantuk yang berlebihan. Rasa ngantuk ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang berpuasa.

Rasa ngantuk yang sering terjadi saat sedang berpuasa diakibatkan karena kurangnya pasokan glukosa dan oksigen ke otak. Otak memerlukan sekitar 60% asupan glukosa agar tetap segar. Menurunnya asupan glukosa sangat berpengaruh karena pada saat kadar gula darah menurun, produksi glikogen yang memberi cadangan energi bagi tubuh agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar juga menurun.

Penyebab lain yang membuat ngantuk berlebihan saat berpuasa adalah kurangnya asupan zat besi untuk tubuh. Zat besi berguna dalam membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak. Lancarnya aliran oksigen ke otak juga membuat peredaran darah ke otak menjadi lancar dan membuat mata tidak merasa berat akibat ngantuk selama berpuasa.

Lantas, adakah cara untuk mengatasi rasa ngantuk ini? Tentu saja ada. Anda bisa meminta atau mengarahkan si kecil untuk melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Tidur yang cukup

Kebiasaan begadang atau kurang tidur pada malam hari adalah hal pertama pemicu rasa mengantuk. Oleh karena itu, cara paling ampuh untuk mencegah ngantuk adalah tidur yang cukup pada malam hari. Seorang anak direkomendasikan tidur antara 8 sampai 9 jam sehari. Jika si anak ikut salat tarawih, maka sepulang tarawih bisa diarahkan untuk tidur dan bangun untuk sahur di akhir waktu. Jika ini dilakukan, waktu tidur malam saja sudah lebih dari 6 jam. Ada baiknya juga bila anak tidur siang sesaat, misalnya setelah salat dzuhur.

  • Makan sahur

Untuk menghindari dan mengatasi rasa ngantuk berlebih, penting untuk tidak melewatkan makan sahur. Orang yang melewatkan waktu sahur akan mudah merasa lemas dan ngantuk karena tidak berenergi. Perhatikan pula menu sahur. Usahakan menu santap sahur mengandung karbohidrat kompleks. Konsumsi karbohidrat kompleks saat berpuasa membantu tubuh mendapat asupan glukosa lebih banyak. Penting juga untuk mengonsumsi makanan ataupun sayuran yang banyak mengandung zat besi saat sahur. Zat besi dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, ikan maupun kacang-kaangan. Sahur dengan banyak sayuran juga menjaga tubuh segar di siang hari dan menjaga perut merasa kenyang lebih lama.

  • Berolah raga

Berolah raga juga membantu menghindari ngantuk berlebih saat berpuasa. Jangan langsung tidur setelah sahur ataupun salat subuh. Biasakan berolah raga ringan sekitar 10 hingga 15 menit. Langsung tidur setelah sahur justru membuat cepat mengantuk di siang hari. Olahraga saat berpuasa juga memiliki banyak manfaat, selain membuat tubuh tetap segar saat berpuasa, aktivitas tersebut juga mencegah tubuh bertambah gemuk saat puasa. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY