Cara Agar Gula Darah Anda Terkendali saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di bulan suci Ramadhan bisa menjadi saat yang tepat bagi pasien diabetes untuk mengontrol dan mengatur gula darah di dalam tubuh. Dengan berpuasa yang teratur, gula darah di dalam tubuh pun dapat dikendalikan. Puasa bagi orang diabetes jika tidak dipersiapkan dengan baik, selain dapat membahayakan jiwa, juga dapat mengganggu kekhusyuan ibadah itu sendiri. Oleh karena itu penting sekali bagi orang yang mengalami diabetes melitus yang ingin berpuasa untuk memahami kondisi diabetes yang memungkinkannya untuk berpuasa secara aman.

Cara gula darah anda terkendali saat puasa Ramadhan yaitu sebagai berikut:

  1. Pemilihan makanan yang tepat
  • Protein. Makanan yang direkomendasikan seperti ikan, susu rendah lemak, daging tanpa lemak. Hindari makan makanan yang digoreng serta makanan yang mengandung lemak jahat.
  • Karbohidrat. Hindari makanan yang mengandung jumlah karbohidrat sederhana, seperti gula dan madu yang tinggi. Sebaiknya, ganti semua makanan berbuka yang mengandung gula dengan buah-buahan. Sementara konsumsi lah karbohidrat yang mengandung serat, seperti nasi merah atau gandum.
  • Lemak. Hindari penggunaan mentega yang mengandung lemak jenuh tinggi. Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak palem, minyak zaitun, minyak kanola.
  1. Perhatikan konsumsi obat dan insulin

Tanyakan pada dokter beberapa jenis obat pengontrol gula darah yang harus dikonsumsi termasuk kapan dan apakah ada pengurangan obat dan sebagainya. Untuk pengguna insulin pun demikian. Jika biasanya insulin digunakan sebanyak 30 unit pada pagi hari dan 20 unit pada sore hari, selama Ramadan, gunakan 30 unit insulin pada saat berbuka dan hanya 10 unit saat sahur.

  1. Penderita diabetes harus mengonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Minum air yang cukup agar tujuh terhidrasi dengan baik, tapi ingat hindari minuman yang mengandung rasa manis. Perbanyak minum ketika di antara waktu sahur dan berbuka puasa, jangan terlalu banyak minum di saat makan karena akan menyebabkan perut menjadi kembung.
  3. Buka puasa lebih baik dimulai dengan minum air putih terlebih dahulu untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh. selanjutnya, penderita diabetes boleh mengonsumsi buah-buahan.
  1. Sebelum memasuki bulan puasa, cek selalu gula darah Anda. Saat puasa, baiknya monitoring gula darah saat mau sahur, sebelum buka dan setelah buka puasa.
  2. Melakukan uji kadar gula darah sebelum dan 2 jam setelah berbuka puasa, sebelum sahur, dan ketika mencapai tengah hari. Bila kadar gula terlalu rendah yaitu kurang dari 70 mg/dL maka sebaiknya batalkan puasa Anda dan segera periksakan diri ke dokter.
  3. Melakukan olahraga saat puasa justru dianjurkan bagi penderita diabetes. Namun hindari berolahraga sebelum berbuka karena risiko hipoglikemia cukup tinggi. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here