Cara Agar Remaja Tidak Kecanduan Internet

SehatFresh.com – Akses informasi telah menjadi kebutuhan penting saat ini. Sayangnya, penggunaan akses internet ini tampaknya menjadi semakin kurang produktif karena lebih banyak digunakan untuk aktivitas media sosial, game online, dan menonton video hiburan. Kecanduan internet, gadget dan sarana eletronik lainnya yang berhubungan dengan dunia maya telah menjadi kekhawatiran di mata para ahli kesehatan beberapa tahun belakangan ini.

Kecanduan internet kini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak  dan remaja. Padahal, semakin sering anak berinteraksi dengan gadget dan internet, maka akan semakin terpengaruh daya pikir anak tehadap sesuatu diluar hal tersebut. Ini bisa membuat anak merasa asing dengan lingkungan sekitar akibat kurangnya interaksi sosial.

Ketika anak mulai kecanduan dengan gadget dan internet, ia cenderung menunjukkan perilaku, seperti :

  • Menunda atau melupakan waktu makan, waktu tidur terganggu malas belajar.
  • Sulit konsentrasi pada dunia nyata, cepat bosan, gelisah dan marah ketika dipisahkan dari gadget kesayangannya.
  • Menunjukkan perilaku kurang baik saat berhenti beraktivitas dengan gadgetnya.
  • Kurang tertarik untuk bersosialisasi, berkumpul, dan bermain dengan teman sebayanya.

Kecanduan di zaman modern seperti sekarang ini salah satunya disebabkan tingginya kesibukan orang tua sehingga jarang sekali ada waktu berkumpul bersama keluarga di rumah untuk berbincang tentang kegiatan sehari-hari sehingga masing-masing anggota keluarga sibuk mencari kesenangan dan hiburan melalui dunia maya. Untuk itu, dalam upaya mengurangi frekuensi anak memainkan gadget mereka, pada orang tua perlu meluangkan waktu untuk makan bersama atau berbincang mengenai kegiatan dalam satu hari atau hanya sekedar untuk bercanda.

Orang tua juga hendaknya mengedukasi anak mereka mengenai penggunaan internet secara bijak. Penting juga untuk membatasi waktu penggunaan gadget dalam satu hari guna mendisiplinkan anak agar tahu waktu maksimal yang bisa mereka gunakan. Orang tua juga tentunya harus memberikan contoh baik dengan tidak menyibukkan diri sepanjang waktu menggunakan gadget untuk media sosial atau chatting di depan anak.

Kebanyakan anak yang kecanduan gadget menjadi egois dan malas bergaul. Anak perlu diarahkan untuk lebih mengutamakan eksistensi mereka di dunia nyata. Alangkah baiknya, agar anak dan remaja lebih banyak mengisi waktu luang dengan aktivitas fisik dan hobi yang memperluas wawasan sehingga bisa meningkatkan akademisnya. Dengan mengikuti kegiatan yang menyehatkan dan produktif, anak akan beranjak dari gadgetnya dan berinteraksi dengan dunia luar.

Sumber gambar : kelimuttu.co

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY