Cara Alami Cerahkan Siku dan Lutut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagian tubuh mana dari Anda yang biasanya lebih hitam dibandingkan bagian tubuh lainnya? Bisa jadi siku dan lutut ya. Meski begitu, Anda bisa mencerahkan kedua bagian tubuh tersebut secara alami.

Siku dan lutut merupakan daerah kulit yang rentan menghitam dan kerap membuat kita kurang percaya diri. Mengapa kedua bagian tubuh tersebut cenderung berwarna lebih gelap daripada anggota tubuh lainnya? Hal ini karena lutut dan siku merupakan bagian tubuh yang memiliki pigmen gelap dibandingkan bagian yang lain karena lebih sering terkena gesekan secara langsung atau tertutup oleh celana.

Jangan terlalu mengkhawatirkan siku dan lutut yang cenderung lebih gelap warnanya dibandingkan anggota tubuh lainnya. Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk mencerahkannya seperti di bawah ini:

  • Minyak kelapa. Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) memang memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya bisa dijadikan sebagai cara memutihkan lutut dan siku yang menghitam. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa secara merata. Kemudian, pijat setiap bagian siku dan lutut selama sekitar 10 menit. Tunggulah sampai minyak meresap dan juga mengering. Lalu, bilas dengan air bersih dan keringkan untuk menghilangkan sisa minyak.
  • Kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat utuk perawatan tubuh dan kecantikan. Salah satunya adalah membuat bagian kulit tubuh yang berwarna lebih gelap menjadi lebih cerah. Caranya adalah haluskan kunyit yang sudah dikupas dan dibersihkan. Lalu, Anda bisa mengoleskan kunyit yang telah dihaluskan itu ke siku dan lutut. Ada baiknya Anda mencampurnya terlebih dahulu dengan tetesan air jeruk lemon serta minyak kelapa. Bilas dengan air hangat disertai sabun untuk menghilangkan warna kuning yang menempel pada kulit. Selain bisa mencerahkan warna kulit, kunyit juga dapat menghaluskan bagian kulit yang kasar.
  • Lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon bisa memutihkan bagian tubuh yang gelap, misalnya lutut dan siku. Caranya dengan memotong lemon menjadi bagian yang tipis. Kemudian, oleskan secara langsung pada siku dan lutut.
  • Yogurt. Kandungan susu dalam yogurt bisa menjadi cara mencerahkan kulit siku dan lutut dengan cepat dan juga alami. Anda bisa mencampur yogurt dan air jeruk lemon sebelum mengoleskannya pada siku dan lutut. Tunggu hingga mengering dan bilaslah.

Upaya mencerahkan siku dan lutut dengan berbagai bahan alami di atas tidak langsung memperlihatkan hasilnya. Anda harus melakukannya secara rutin.

Upaya mencerahkan kulit dengan bahan alami adalah cara yang lebih baik dibandingkan dengan obat-oabatan kimiawi atau operasi plastik. Selain cenderung mudah didapatkan dan diterapkan, penggunaan bahan-bahan alami tersebut juga tidak memiliki efek samping yang bisa membahayakan kesehatan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY