Cara Alami Mencegah dan Mengobati Penyakit Asam Urat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pembaca yang sering mengalami masalah pada persendian, informasi berikut sangat cocok untuk disimak. Penyakit Gout Arthritis atau Asam Urat adalah penyakit yang di sebabkan oleh menumpuknya asam/kristal urat pada jaringan, terutama pada jaringan persendian. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri secara tiba-tiba seperti kekakuan, rasa kepanasan, dan pembengkakan pada sendi (biasanya terjadi pada jempol kaki). Apabila tidak segera ditangani dengan baik, serangan ini akan terjadi secara berulang, sehingga dapat membahayakan sendi dan jaringan lainnya. Berikut cara alami untuk mencegah dan mengobati penyakit Asam Urat (Gout Arthritis).

Banyak Mengkonsumsi Jus Buah Cerry

Buah cerry mengandung senyawa asam yang cukup pekat. Senyawa asam ini mampu mengimbangi kadar asam urat yang terdapat di dalam darah dan urine. Selain itu, buah cerry juga terdapat kandungan kalium dan nutrisi yang bisa membantu meringankan rasa nyeri pada persendian.

Hal ini diperkuat dengan data yang diterbitkan oleh Harvard University, buah cerry memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi. Antioksidan dapat membantu mencegah radikal bebas berbahaya, sedangkan anti-inflamasi mampu mencegah dan mengobati peradangan yang menyebabkan penyakit asam urat.

Perbanyak minum air putih

Pencegahan asam urat sebenarnya mudah, anda bisa rutin mengonsumsi air putih minimal 8 hingga 10 gelas dalam sehari (tergantung dengan tingkat rutinitas setiap hari). Karena air putih merupakan jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat dalam ginjal, sehingga mampu mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Konsumsi jus lemon

Untuk mencegah dan mengobati asam urat, mengkonsumsi jus lemon merupakan salah satu cara yang tepat. Hal ini disebabkan karena di dalam jus lemon terdapat rasa masam yang cukup tinggi, sehingga menurunkan asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asam di dalam jus lemon tersebut bisa membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

Mencegah dan mengobati asam urat dengan daun salam

Biasanya daun salam banyak digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai salah satu bumbu memasak. Daun salam mampu memberikan aroma masakan yang khas. Selain bermanfaat untuk masakan, daun salam memiliki kandungan kalium yang terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat. Berikut ini Cara mengkonsumsi daun salam untuk mencegah dan mengobati asam rat secara alami:

  • Siapkan 5-10 lembar daun salam yang telah dibersihkan dan 2 gelas air (sekitar 500-700ml).
  • rebus daun salam hingga airnya mendidih dan menyisakan 1 gelas air.
  • Silahkan Konsumsi air rebusan daun salam tadi secara rutin maksimal 3 hari dua kali. Lakukan selama 2 minggu.

Sebelum melakukan hal-hal di atas, sebaiknya anda telah mengetahui kadar asam urat anda terlebih dahulu agar bisa dijadikan patokan kapan harus memulai dan harus mengakhiri melakukan kebiasaan tersebut. semoga bermanfaat. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here