Cara Alami Menjaga Kesehatan Kulit Saat Hamil

SehatFresh.com – Kehamilan membawa sejumlah perubahan pada wanita, termasuk juga perubahan kulit. Salah satu contohnya adalah munculnya stretchmark di perut atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh lainnya. Namun, ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir, karena perubahan kulit yang terjadi dapat disikapi dengan cara alami yang tidak berbahaya bagi kandungan. Makan diet seimbang, tetap terhidrasi disertai istirahat yang cukup adalah faktor penting yang mendukung kesehatan kulit, yang juga dapat mengurangi kebutuhan produk perawatan kulit berbasis zat kimia yang bisa berbahaya bagi ibu hamil.

  • Antioksidan

Secara umum, makan makanan alami dan membatasi konsumsi makanan olahan adalah kunci untuk kulit dan tubuh secara keseluruhan. Nutrisi dalam makanan yang paling bermanfaat bagi kulit adalah antioksidan. Buah-buahan dan sayuran secara khusus mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel dan tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dua nutrisi sumber antikoksidan yang paling bermanfaat bagi kulit adalah :

  1. Vitamin C, berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari. Asupannya dapat diperoleh dari apel, jeruk dan kiwi.
  2. Vitamin E, berfungsi melindungi membran sel serta memberi nutrisi pada kulit untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Upayakan asupannya hingga 15 mg/hari. Kacang almond dan alpukat adalah sumber vitamin E yang baik dan mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi kehamilan.
  • Asam lemak esensial

Asam lemak esensial merupakan komponen penting dalam untuk membantu pembentukan membran sel yang dapat menahan air dan nutrisi. Dalam menjaga kesehatan kulit, asam lemak tersebut akan membentuk penghalang minyak yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi lingkungan. Asupan asam lemak esensial dapat diperoleh dari gandum, alpukat, kacang-kacangan dan bayam.

  • Air

Agar sel tubuh berfungsi maksimal, peran air sangatlah penting. Air dapat membantu membuang racun dari tubuh sehingga sel tubuh dapat melakukan penyerapan nutrisi lebih maksimal. Untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, minumlah setidaknya dua liter air setiap hari. Tidak hanya membuat kulit menjadi terlihat kering, dehidrasi juga bisa berdampak serius bagi kesehatan bayi dalam kandungan.

Menjauhi makanan tinggi lemak gula dan garam juga penting untuk diperhatikan, karena tidak hanya akan bermanfaat untuk kulit tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mencegah paparan kosmetik yang memiliki kandungan berbahaya bagi kehamilan, maka sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsultasikan produk kosmetik yang akan digunakan.

Sumber gambar : www.cakapsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY