Cara alami Menyeimbangkan Hormon Wanita Tanpa Obat-obatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani. Hormein yang berarti memacu atau hormao berarti menggairahkan atau membangkitkan. Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berguna memacu fungsi organ tubuh tertentu.

Untuk fungsinya sendiri hormon berperan dalam mengendalikan proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, kekebalan tubuh, pola dari hidup manusia.

Pada dasarnya tubuh anda dapat menjaga keseimbangan hormon. Namun, apabila pola hidup anda kurang baik contohnya pola makan yang tidak layak, sering merasa stress maka dapat menyebabkan terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Bagi wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara alami tanpa obat untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh anda. Cara tersebut meliputi:

  1. Minyak kelapa

Cara pertama untuk menyeimbangkan hormon secara alami adalah menggunakan minyak kelapa. Kandungan pada minyak kelapa seperti asam laurat berperan penting dalam produksi homon. Cukup konsumsi rutin sebanyak 3 sendok sudah dapat membantu menyeimbangkan hormon.

  1. Daun saga

Untuk mengonsumsi daun saga sebagai penyeimbang hormon yaitu rendam daun saga dengan madu yang dimasukan ke dalam toples. Biarkan selama tiga hari. Bisa dikonsumsi dengan makanan yang manis atau sebagai teh herbal.

  1. Minyak lavender

Minyak lavender cukup mudah caranya untuk menyeimbangkan hormon, yaitu cukup gosokan pada perut. Selain menyeimbangkan hormon, minyak lavender juga dapat mengatasi masalah pencernaan, nyeri, kelainan kulit dan penghilang rasa sakit saat gejala mentruasi muncul.

  1. Akar maca

Akar maca memiliki banyak sekali kandungan yang baik sehingga juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan hormon. Caranya campurkan seperempat sendok teh bubuk akar maca. Anda bisa mencampurkan bubuk akar maca dengan secangkir air, jus, teh herbal atau yogurt, tergantung dengan selera anda.

  1. Chasteberry

Saat menggunakan chasteberry untuk penyeimbang hormon ada beberapa hal perlu diperhatikan karena chasteberry ini dapat meningkatkan aliran darah mentruasi pada beberapa wanita. Jadi konsultasikan pada dokter baik dosis dan aman tidak jika anda mengonsumsi chasteberry. Jika diperbolehkan, anda bisa membuat ramuan chateberry dengan cara ambil bubuk chasteberry sebanyak 400 sampai 500 miligram campurkan dengan air dan konsumsi setiap hari.

  1. Kemangi

Kemangi sangat populer di indonesia, sebab sangat cocok dimakan sebagai lalapan jika disandingkan dengan sambal yang merupakan favorit orang indonesia. Kemangi juga ternyata dapat berfungsi sebagai penyeimbang hormon. Cara mengonsumsi kemangi untuk penyeimang hormon alami yaitu bisa konsumsi langsung sebagai lalapan, dibuat teh dengan direbus terlebih dahulu atau konsumsi dalam bentuk suplemen.

  1. Gingseng

Gingseng bertindak sebagai adaptogen untuk menjaga keseimbanagn hormon dalam tubuh. Gingsen yang digunakan dalam penyeimbang hormon adalah gingseng asia atau biasanya disebut gingseng merah korea. Caranya konsumsi 200 sampai 400 mg ekstrak gingseng asia. Konsumsi selama 2 sampai 3 minggu dan berhenti 3 minggu, baru setelah itu lanjutkan lagi. Untuk penggunaan ramuan ini sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here