Cara Aman Melakukan Diet saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada umumnya, cara melakukan diet saat berpuasa sama dengan cara diet yang dilakukan dalam keseharian di luar Ramadhan. Anda tetap harus melaksanakan diet seimbang yang sesuai dengan proposi asupan lemak, karbohidrat dan protein yang tepat saat makan sahur dan berbuka. Apabila hal tersebut tak diperhatikan dan tidak dilakukan, maka makanan yang anda konsumsi ketika sahur dan berbuka justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan anda.

Selain itu, menjalani diet ketika berpuasa harus lebih disiplin. Pasalnya, bila tak dilakukan dengan disiplin, maka kesempatan Anda untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat akan terbuang sia-sia.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjalani diet ketika sedang menjalankan ibadah puasa secara aman bagi tubuh, sehingga proses diet anda tidak mengganggu aktifitas selama berpuasa:

  1. Memperhatikan asupan nutrisi

Penuhi kebutuhan karbohidrat Anda dengan mengkonsumsi nasi merah, gandum utuh (whole wheat), kentang dan oat.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein yang berasal dari keju, kacang almond, telur, edamame, quinoa dan lain sebagainya.

Sleain itu, anda juga harus banyak mengkonsumsi sayuran untuk mendapatkan serat dalam tubuh. Konsumsi sayuran seperti daun brokoli, bayam, wortel dan juga buah alpokat serta apel.

  1. Hindari produk olahan

Anda harus menghindari mengkonsumsi produk makanan siap saji dan junk food. Kurangi atau bahkan jika harus menghindari makanan gorengan atau yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Pilihlah menu makanan saat berbuka dan sahur yang diolah sendiri, sehingga anda bisa menjamin asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa memasak makanan anda dengan cara direbus, ditumis, kukus dan panggang agar makanan yang Anda makan tetap terjaga kandungan nutrisinya.

  1. Makanlah secara perlahan

Ketika berbuka puasa, mulailah dengan makan kurma, kemudian baru disusul air putih, dilanjutkan dengan menyantap sup hangat dan semangkuk kecil salad sayuran atau buah. Setelah itu baru  menyantap hidangan utama atau menu yang berat.

  1. Kurangi makanan tinggi gula

Biasanya saat berbuka puasa banyak orang mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Namun, tahukah Anda kebiasaan tersebut justru dapat membuat perut kembung dan mengakibatkan terjadinya proses pencernaan terhambat. Makanan yang terlalu banyak mengandung gula juga bisa membuat kadar gula dalam darah tidak stabil, sehingga akan timbul keinginan untuk makan  makanan manis.

Anda bisa mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa, selain sebagai sunnah yang diajarkan rasulullah saat berbuka, ternyata kurma merupakan sumber gula yang baik dan sangat kaya nutrisi seperti magnesium, tinggi serat dan potassium yang dapat memperlancarkan pergerakan sistem pencernaan di dalam tubuh Anda. Jika anda sangat ingin memakan kolak, minum es campur atau yang lain, anda bisa bersabar dan menunggu sekira 2 sampai 3 jam setelah berbuka atau usai salat tarawih.

  1. Mengontrol asupan cairan dalam tubuh

Ketika anda beruasa, secara perlahan tubuh menjadi sangat rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, saat makan buka dan sahur, pastikan Anda telah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air supaya membantu tubuh anda dalam memenuhi asupan cairan yang hilang saat digunakan untuk beraktifitas. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here