Cara Aman Menangani Sesak Nafas Saat Hamil

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan pertumbuhan dan perkembangan janin mulai dari masa konsepsi dan berakhir sampai permulaan persalinan. Lamanya kehamilan normal adalah 280 hari atau 40 minggu atau 9 bulan 7 hari. Waktu tersebut merupakan waktu yang cukup lama.

Dengan lamanya waktu kehamilan Anda akan mengalami beberapa perubahan fisiologis pada tubuh. Salah satu perubahan fisiologis yang dialami ibu hamil yaitu pada sistem pernafasan. Perubahan sistem pernafasan yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah sesak nafas.

Mungkin pada saat trimester pertama kehamilan anda belum ditemukan masalah sesak nafas karena ibu masih mengalami peningkatan hormon sehingga hanya terjadi mual-mual dan pertumbuhan janin belum sempurna, maka pernafasan ibu masih normal.

Berbeda ketika kehamilan anda sudah memasuki trimester ketiga,  ibu akan mulai mengeluh sesak nafas atau kesulitan bernafas. Hal itu terjadi karena volume rongga dada ibu terdesak oleh isi rahim dengan semakin membesarnya perut.

Namun anda tak perlu mencemaskan hal ini karena dapat diatasi dengan beberapa cara :

  1. Atur Posisi Tidur

Anda mungkin merasa sesak nafas bila dalam posisi tertentu seperti tidur terlentang. Kadang kala, rasa sesak ini menjadi salah satu penyebab sulitnya tidur nyenyak. Anda dapat mengatasinya dengan mengusahakan untuk tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi sehingga paru-paru sukup leluasa untuk bekerja.

  1. Olahraga

Salah satu olahraga yang masih dapat anda lakukan ketika hamil adalah senam hamil. Biasanya dalam sesi senam hamil terdapat latihan teknik pernafasan yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi rasa sesak yang sering kali muncul.

  1. Latihan Pernafasan

Jika sesak tengah menyerang, rentangkan kedua lengan di atas kepala anda sambil menarik nafas panjang 5-10 kali. Latihan ini dapat dilakukan secara periodik untuk melatih pernafasan anda.

  1. Pakaian

Ketika kehamilan anda sudah semakin menua, sebaiknya jangan memakai pakaian yang sempit karena akan mempersulit proses pernafasan anda.

  1. Atur pola makan

Aturlah pola makan anda menjadi pola makan yang sehat dengan menghindari makanan yang mengandung kadar gula, garam ataupun lemak yang tinggi. Dengan makanan sehat dapat menjaga berat badan anda dan mengurangi risiko terkena sesak nafas.  Lebih baik lagi, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan tambahan mengonsumsi buah-buahan  yang mengandung vitamin C tinggi seperti stroberi dan kiwi. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY