Cara Asyik Bikin Menu Berbuka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada banyak hal yang bisa dilakukan remaja sambil menunggu waktu berbuka puasa. Mulai dari mengikuti pesantren kilat, menyantuni anak yatim dan lainnya. Bila ingin menunggu waktu berbuka di rumah, menyiapkan menu berbuka puasa juga bisa menyenangkan.

Berikut ini adalah tips menyiapkan hidangan berbuka yang praktis dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh setelah berpuasa seharian:

  • Awali dengan menyusun menu atau merancang hidangan yang hendak disajikan. Hindari hidangan instan untuk berbuka puasa. Jangan pula terlalu banyak menyiapkan makanan gorengan.
  • Jangan berlebihan dalam menentukan menu. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan lambung. Saluran pencernaan membutuhkan waktu memproses makanan setelah mengalami kekurangan kalori.
  • Sebaiknya, masukkan menu yang manis, seperti kurma atau air kelapa, untuk menggantikan cairan yang hilang. Kurma segar mengandung gula alami, yang ketika dikonsumsi langsung dapat menjadi pengganti energi yang hilang. Sementara itu, air kelapa bermanfaat sebagai antioksidan tubuh.
  • Namun, jangan terlalu banyak menghidangkan hidangan dan minuman manis. Rasa ini memang mudah diterima lidah yang sudah berpuasa 13 jam atau lebih. Tapi, gula juga cepat memberi rasa kenyang. Akibatnya, kalori pengganti yang dibutuhkan tidak sempat masuk ke dalam tubuh.
  • Jika menu sudah diatur, sekarang waktunya menyiapkan atau memasak hidangan. Idealnya tiap bersantap, kita mendapat asupan berupa karbohidrat, protein, sayuran juga buah. Oleh sebab itu,sup berbahan kaldu daging bisa menjadi pilihan berbuka puasa. Makanan ini kaya protein yang berfungsi membangun jaringan atau massa otot. Lebih dari itu, dapat mencegah tubuh dari mendapatkan kelelahan dengan mudah. Sup juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan elektrolit yang membantu mencegah kelelahan dan dehidrasi.
  • Beberapa menu praktis lainnya (tapi bukan makanan instan) bisa juga disiapkan, misalnya roti isi potongan daging dan sayuran.
  • Selanjutnya adalah memasak. Jika belum pandai memasak, buku resep makanan bisa menjadi panduan. Bila bahan-bahan makanan belum tersedia, maka Anda bisa membelinya terlebih dahulu. Usahakan mencari bahan makanan yang masih segar. Sebaiknya, hindari makanan atau bumbu yang mengandung pengawet. Berbagai bumbu masakan juga bisa dibuat secara alami, kok!
  • Dibanding persiapan berbuka, memasak untuk hidangan sahur akan lebih ‘berat’ jika memulai dari awal selain membutuhkan waktu panjang. Jadi, siapkan bahan atau masak setengah matang lalu simpan sehingga waktu persiapan dapat dikurangi. Jika memungkinkan, buatlah menu berbuka puasa yang juga bisa dinikmati saat sahur beberapa jam kemudian, contohnya sup. Jadi, Anda hanya menghangatkan kembali menjelang sahur.
  • Segeralah berbuka puasa jika waktunya telah tiba. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY