Cara Bijak Memilih Suplemen Tubuh

SehatFresh.com – Nutrisi merupakan salah satu faktor penting bagi tubuh yang sehat. Jika tubuh mulai merasakan adanya penurunan fungsi metabolisme, mengonsumsi suplemen merupakan cara mudah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, studi menunjukkan bahwa suplemen tidak selamanya baik untuk dikonsumsi. Bahkan banyak orang yang mengonsumsi suplemen sebagai bentuk dari tindakan berlebihan yang sebenarnya tidak mereka perlukan.

Suplemen sejatinya adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan dan kegagalan fungsi organ jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi suplemen dalam porsi yang tidak tepat menyebabkan beberapa nutrisi dibuang secara percuma. Bahkan, jika Anda dalam masa pengobatan, suplemen dapat menolak obat yang Anda konsumsi.

Ada banyak kondisi yang menandakan tubuh kita membutuhkan suplemen. Tubuh membutuhkan tambahan vitamin ketika sedang sakit, kurang nafsu makan di mana penyerapan makanan menjadi tidak optimal, dan pada saat banyak beraktivitas atau banyak energi yang terkuras. Gejala-gejala seperti sariawan, dehidrasi, atau gusi berdarah merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan tambahan vitamin. Jika gejala-gejala tersebut diabaikan, tubuh akan mengalami penurunan vitalitas dan imunitas. Selain itu, orang tua yang berusia di atas 50 tahun juga membutuhkan tambahan vitamin karena tidak memiliki gigi yang lengkap dan nafsu makan yang sudah berkurang untuk menjaga metabolisme tetap berjalan dengan baik. Tubuh juga membutuhkan suplemen ketika kondisi pemulihan setelah sakit. Pada waktu tersebut, tubuh masih dalam keadaan lemah dan membutuhkan tambahan nutrisi agar dapat pulih dengan cepat.

Dalam memilih vitamin suplemen, Anda perlu berhati-hati dalam menentukan dosis karena asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh haruslah dalam jumlah kecil setiap harinya. Setiap manusia mempunyai struktur organ tubuh, jaringan, sel-sel dan fungsi yang berbeda dari manusia lain. Sehingga, kecukupan gizinya pun berbeda. Karena itu, tiap orang membutuhkan asupan suplemen makanan yang berbeda sebagai pelengkap kebutuhan asupan zat gizinya.

Begitu banyak pilihan suplemen yang ditawarkan para produsen. Memilih suplemen yang tepat tidak mudah. Sebelum mengonsumsi suplemen, Anda harus benar-benar mengetahui zat dan nutrisi apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh sehingga Anda mampu menyesuaikan suplemen yg akan Anda konsumsi. Dalam memilih suplemen, penting untuk mengetahui dan memperhatikan kandungan gizi makanan yang Anda konsumsi. Baca pula daftar gizi yang dikeluarkan DepKes atau FDA (Food and Drug Administration) sebagai acuan. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan agar mendapat rekomendasi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Nutrisi harian akan terpenuhi jika Anda menerapkan pola makan bergizi seimbang. Suplemen tidak sama dengan vitamin yang berasal dari sumber alami, dan Anda hanya membuang uang jika membeli vitamin untuk melengkapi diet. Uang yang Anda keluarkan untuk membeli vitamin akan lebih efektif jika digunakan untuk membeli sayuran dan daging yang lebih sehat bagi tubuh Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here