Cara Bikin Cemilan Sehat untuk Anak Berbuka

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh yang menjalankan ibadah puasa. Tak terkecuali bagi anak yang telah berpuasa. Alih-alih membeli jajanan berbuka yang belum tentu menyehatkan, yuk kreasikan diri Anda membuat camilan sehat untuk sang buah hati.

Sebelum berjibaku di dapur, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar camilan apa saja yang sangat digemari oleh si kecil. Jika Anda kesulitan membuat daftarnya, berikut adalah beberapa camilan sedap nan menyehatkan yang bisa Anda coba buat untuk hidangan berbuka si kecil:

  • Salad buah

Umumnya, anak kecil tidak menyukai sayuran. Nah, Anda bisa mengakalinya dengan membuat salad buah potong yang dicampur dengan agar-agar atau jeli warna-warni sesuai kesukaan anak-anak. Sajikan salad buah di dalam mangkuk favorit si kecil dengan gambar karakter favoritnya. Akan lebih baik lagi jika disajikan dengan siraman yoghurt rasa buah dan sedikit susu kental manis atau topping es krim.

  • Sandwich

Ambillah satu atau dua lembar roti tawar. Lalu, olesi atasnya dengan krim atau selai kesukaan si kecil. Agar tampilan roti berbeda, beri atasnya potongan buah seperti stroberi, leci, ceri, blueberry, atau lainnya. Taburi atasnya dengan meses warna-warni dan parutan keju. Satu skup es krim yang disiram dengan sirup atau susu kental manis juga bisa menjadi pelengkap.

  • Pie

Kali ini, mari membuat kue. Yang cukup sederhana adalah pie. Buatlah adonan pie dan masaklah hingga matang. Topping aneka buah-buahan bisa menjadi pilihan tepat untuk anak-anak.

  • Cokelat kurma

Tidak banyak anak-anak yang menyukai kurma. Padahal, kurma mengandung glukosa, vitamin A, vitamin B6, dan serat yang mampu mengembalikan energi tubuh sang buah hati setelah berpuasa. Tidak hanya dimakan dalam bentuk aslinya, kurma juga bisa dinikmati ketika dipadukan ke dalam berbagai sajian. Salah satunya adalah cokelat. Nah, cokelat kurma bisa Anda kreasikan untuk melatih anak menyukai kurma.

  • Risol daging

Sumber protein hewani juga bisa menjadi bahan utama camilan menyehatkan. Daging sapi, ayam, dan telur, misalnya, cocok untuk divariasikan pada hidangan berupa risol atau kroket.

  • Es buah

Makanan sudah, kini giliran minumannya. Kalau yang satu ini, siapa yang bisa tahan godaan es buah? Melon, mangga, alpukat, anggur dan pisang bisa Anda kreasikan sebagai es buah. Mau yang lebih unik lagi? Cobalah campurkan dengan kurma. Tambahkan gula alami agar es buah terasa manis untuk si kecil.

Sesekali, Anda juga boleh mengajak si kecil menyiapkan aneka camilan di atas. Berikan kebebasan sedikit baginya jika ingin mengkreasikan sendiri camilan tersebut. Pengalaman seperti ini bisa terasa menyenangkan bagi anak sambil menunggu waktu berbuka puasa.(SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY